Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Kamis, 02 Mei 2019 - 15:16:07 WIB
Bagikan Berita ini :

Bawa Bukti 13.000 Kesalahan Entry Data Situng KPU, BPN Lapor ke Bawaslu

tscom_news_photo_1556784967.jpeg
Kantor Bawaslu RI (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Relawan IT BPN hari ini, Kamis (2/5/2019), akan melaporkan temuan ribuan kesalahan entry data pada aplikasi Sistem Penghitungan Suara (Situng) KPU ke Bawaslu.

"Kami membawa bukti satu kardus berupa 2.500 lembar bukti kesalahan entry data Situng KPU," kata Sekretaris Relawan IT BPN Dian Islamiati Fatwa di Jakarta, Kamis (2/5/2019).

Selama lima hari(27 Maret- 1 Mei), Relawan IT BPN memverifikasi data-data yang sudah masuk ke Situng. Dian mengaku tim Relawan IT menemukan sebanyak 13.031 kesalahan entry data. Data tersebut diperoleh dari 225.818 TPS. Total kesalahan sebanyak 5.7 persen.

Ada tiga kesalahan yang mereka temukan. Pertama, jumlah suara yang tercantum melebihi jumlah maksimal pemilih pada setiap TPS.

Kedua, jumlah suara yang tercatat tidak sama dengan suara sah ditambah dengan suara tidak sah dan kertas suara tidak terpakai. Ketiga, Jumlah sah tidak sama dengan total perolehan suara sah dari kedua pasangan.

"Ribuan kesalahan yang kami temukan menunjukkan sistem Situng KPU tidak bisa diandalkan dan menyesatkan,” ujar Dian.

"Batas kewajaran dalam system IT maksimal 0,1 persen. Sementara kami menemukan kesalahan antara 5-7 persen," paparDian.

Sementara itu, Koordinator Gerakan Nasional Selamatkan Demokrasi (GNSD) Dr M. Said Didu memintaBawaslu segera turun tangan dan menghentikan Situng KPU.

"Agar tidak menimbulkan keresahan dan ketidakpercayaan publik yang meluas, Bawaslu harus segera menghentikan Situng KPU dan melakukan audit forensik oleh auditor independen," tegas Said Didu. (Alf)

tag: #bawaslu  #kpu  #prabowosandiaga  #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...