Berita
Oleh Fitriani pada hari Rabu, 08 Mei 2019 - 10:42:07 WIB
Bagikan Berita ini :

JK Sebut 10 Maskapai Tumbang Gara-gara Tiket Murah

tscom_news_photo_1557286927.jpg
Wakil Presiden Jusuf Kalla (Sumber foto : ist)

AKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) menyatakan, dalam waktu 20 tahun terakhir terdapat 10 perusahaan penerbangan (maskapai) di Indonesia tumbang gara-gara penerapan sistem tiket murah. JK berharap harga tiket pesawat bisa turun, namun maskapai tidak bangkrut.

Menurut Pria kelahiran Watampone, Kabupaten Bone tersebut dalam kurun waktu 20 tahun terakhir, sudah ada beberapa maskapai yang bangkrut akibat menjual tiket penerbangan terlalu murah.

"Dalam waktu kurang lebih 20 tahun ada sekitar 10 perusahaan penerbangan tumbang (bangkrut). Mandala, Batavia, Adam Air, Indonesia Air, (hingga) Merpati. Hampir 10 itu, semua tidak kuat," ujar JK di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (7/5/2019).

Salah satu penyebab mahalnya tiket pesawat adalah karena biaya operasional yang bergantung pada kurs dolar AS.

"Tarif ini 70 persen komponennya komponen impor yang memakai dolar, pesawat, sewa, sparepart-nya, komponen lainnya. Sekarang akibat persaingan ketat tinggal 2, Grup Garuda dan Grup Lion," ungkapnya.

Ia pun yakin, maskapai pasti akan berhati-hati dalam menerapkan tarif penerbangan. Sebab, jika tiket pesawat terlalu mahal tak ada penumpang yang naik, sebaliknya jika terlalu murah, maka maskapai terancam bangkrut.(plt)

tag: #jusuf-kalla  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement