Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Kamis, 09 Mei 2019 - 23:54:52 WIB
Bagikan Berita ini :

Besok, BPN Laporkan Dugaan Pelanggaran Pemilu TSM ke Bawaslu

tscom_news_photo_1557420892.jpeg
Kantor Bawaslu RI (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Direktorat Advokasi Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiagaakan melaporan dugaan pelanggaran dan kecurangan Pemilu 2019 ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada Jumat (10/5/2019), besok.

"Besok Direktorat advokasi BPN akan menyampaikan laporan yang telah disiapkan langsung ke Bawaslu sekitar jam 2 siang," kata Juru Bicara BPN, Ferry Juliantono di Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Ferry menjelaskan, ada lima laporan utama yang akan disampaikan ke Bawaslu. Lima laporan ini telah dikumpulkanBPN sejak dimulainya tahapan Pemilu serentak.

Pertama, kata Ferry,terkait adanya dugaan pelanggaran penggunaan institusi negara untuk kepentingan Pilpres oleh salah satu pihak.

"Evaluasi tersebut yang pertama adalah kami berpendapat terjadi dugaan pelanggaran penggunaan institusi negara untuk kepentingan Pilpres ini," kata Ferry.

Kedua, penggunaan sumber daya dan keuangan negara untuk kepentingan Pemilu. Ketiga, dugaan terjadinya pelanggaran netralitas aparatur sipil negara (ASN) untuk kepentingan Pemilu yang digunakan oleh salah satu pihak.

Keempat, dugaan terjadinya kecurangan dalam Pilpres dan Pileg yang dilakukan secara terstruktur, sistematis, dan masif. Kelima, BPN juga mendorong dilakukannya penyelidikan lebih jauh terhadap meninggalnya ratusan petugas penyelenggara pemilu 2019 di seluruh Indonesia.

"Sampai saat ini masih ada lebih dari 3000 orang yang masih dirawat di rumah sakit. Kami mendorong penyelidikan lebih jauh," kata ujarnya.

Sementara itu, Juru Bicara BPN Vasco Ruseimy menyampaikan sejumlah indikasi terkait dugaan kecurangan yang terjadi secara terstruktur sistematis dan masif.

Menurutnya, kecurangan tak hanya terjadi pada saat pencoblosan bahkan telah terjadi sebelum, saat, dan setelah pencoblosan.

"Pertama soal penggiringan opini bahwa KPU sebagai penyelenggara Pemilu untuk kepentingan Paslon 01, laporan tentang keterlibatan aparatur sipil negara untuk kemenangan paslon 01, laporan kecurangan yang berkaitan dengan C1," kata Vasco.

"Juga laporan penyelenggaraan pemilu luar negeri untuk kemenangan paslon 01, dan tentang pengkondisian penggunaan logistik sebagai media kecurangan dalam memenangkan paslon 01," imbuh politikus Partai Berkarya itu. (Alf)

tag: #prabowosandiaga  #pilpres-2019  #kpu  #bawaslu  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...