Geger Virus Monyet di Singapura, Menkes: Belum Travel Warning

Oleh Fitriani pada hari Selasa, 14 Mei 2019 - 19:18:40 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1557836320.jpg

Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Nila Djuwita F. Moeloek di Komplek Senayan, Selasa (14/5/2019). (Sumber foto : TeropongSenayan/fitriani.dok)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Belakangan Indonesia digegerkan dengan adanya virus monkeypox atau cacar monyet, yang merebak di negara tetangga Singapura-Batam. Virus tersebut menyebar dari warga Nigeria yang sedang mengunjungi Singapura.

Menanggapi hal ini, Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Nila Djuwita F. Moeloek mengatakan belum ada travel warning bagi warga negara Indonesia untuk berkunjung ke Singapura.

"Belum ya, nanti kita lihat travel warning ini juga bersama Kementerian Luar Negeri kita ya, jadi seberapa beratnya dulu, dan kami juga belum jelas, apa begitu banyak misalnya endiminya di Singapura, tentu kita larang ya. Tapi kalau hanya satu dua tapi tidak bisa juga," kata Nila saat ditemui di Komplek Senayan, Selasa (14/5/2019).

Ketika disinggung apakah negara Singapura masih dalam tahap aman, ahli oftalmologi dan guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu mengaku pihaknha belum bisa menyimpulkan.

"Aduh enggak bisa jawab. Himbauan saya, kita jaga, hati-hati jaga kebersihan. Penularannya dari binatang ke manusia bukan manusia ke manusia, jadi kalau kamu sayang sama monyet kamu mau piara dia, tapi deket jangan sampai di cakar siapa tau dia mengandung virus, jadi kamu mesti pegang pakai sarung tangan atau apa dan sebagainya," pesan Nila. (Alf)

tag: #kementerian-kesehatan  

Bagikan Berita ini :