Berita
Oleh ferdiansyah pada hari Kamis, 16 Mei 2019 - 16:09:53 WIB
Bagikan Berita ini :

Rumahnya Kena Gusur, Begini Cerita Menteri PUPR

tscom_news_photo_1557997793.jpg
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono (Sumber foto : ist)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menceritakan asal muasal penggusuran rumah pribadinya di Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat untuk pembangunan Jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu). Dia mengisahkan, pihak kontraktor tidak berani menyampaikan kepada dirinya tentang penggusuran tersebut.

Kabar soal penggusuran rumah Basuki terkena proyek tol Becakayu pertama kali disampaikan oleh mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD lewat akun twitternya @mohmahudmd. Mahfud menulis, "Menarik, rumah pribadi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Bekasi akan digusur untuk proyek jalan tol. Padahal, dialah yang menjadi pimpinan pembuatan jalan, hormat untuk Pak Basuki."

Basuki mengatakan, pada awalnya pelaksana proyek tidak berani menyampaikan bahwa rumah pribadinya terkena gusur.

"Ini kok lama banget, kenapa? Ternyata pada tidak berani "ngomong", lalu ditunjukkan ke saya "Pak ini jalurnya, lah kena, ya sudah terusin"," kata Basuki di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Basuki lalu menunjukkan peta tol Becakayu yang ia peroleh dari kontraktor proyek, Waskita Karya.

"Ini rumahnya Menteri PU, ini jalurnya Becakayu, ini hanya berjarak 15 meter saja dari saluran Kalimalang, tapi ini butuh Right of Way (jarak bangunan yang berdiri di pinggir jalan) 24,7 meter, jadi kena ini yang kuning," tambah Basuki.

Ia meminta kontraktor proyek tidak membelokkan jalur yang sudah dibuat.

"Jangan dibelokkan karena ini yang paling optimal, fondasinya di pinggir saluran," ungkap Basuki.

Meski demikian, Basuki mengaku belum mendapat pembayaran dari kontraktor.

"Belum pembayarannya, ini baru sosialisasi," kata Basuki sambil tertawa.

Ia juga yakin bahwa uang pergantian yang akan dibayarkan akan menguntungkan masyarakat yang rumahnya terkena proyek. "Semua sekarang sudah ganti untung, appraisalnya sudah ganti untung," ungkap Basuki.

Rencana penggusuran menurut Basuki akan dilakukan pada 2019.

Rumah pribadi Basuki terletak di kompleks pengairan. Ia menempati rumah dinas yang kemudian dibeli menjadi rumah pribadi itu sejak 1990-an.

"Nanti pindah rencana di Bekasi juga," ujar Basuki.

Perencanaan Tol Becakayu sebenarnya sudah dilakukan cukup lama. Pembangunan proyek tol tersebut akan diteruskan hingga ke Tambun, Bekasi menggunakan konstruksi elevated atau layang karena melewati Saluran Kalimalang.(plt)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...