Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 28 Mei 2019 - 22:01:04 WIB
Bagikan Berita ini :

Ini Sosok Ketua DPD RI Baru Yang Diinginkan Oso

tscom_news_photo_1559055664.jpg
Ketua DPD RI, Oesman Sapta Odang (OSO) (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Masa kepemimpinan Oesman Sapta Odang (OSO) sebagai Ketua DPD RI bakal selesai dalam hitungan beberapa bulan lagi.

Meski tak maju lagi sebagai caleg DPD RI, Oso berharap pemimpin DPD RI kedepannya memiliki visi-misi yang mirip seperti periode kepemimpinanya, 2014-2019.

"Calon pemimpin DPD ke depan nanti kita serahkan kepada (anggota) DPD yang baru. Yang jelas, kriterianya itu harus mencintai DPD, loyal dan bukan orang-orang yang pernah meciderai DPD," kata Oso di Jakarta, Selasa (28/5/2019).

Oso pun berharap sosok pimpinan DPD RI nanti diisi oleh orang yang cerdas yang mampu mendokrak pembangunan di daerah.

"Ya, mengharapkan anggota DPD yang baru memiliki kecerdasan, bukan karena pengaruh, bukan karena hebat, disogok atau pakai uang. Jadi, dia harus dipilih secara moral dan bermartabat dan betul-betul bertanggung jawab terhadap pembangunan DPD itu sendiri," tandas Oso.

Ditempat yang sama, anggota DPD RI terpilih dapil Jawa Timur La Nyalla Mattalitti memberikan apresiasi kepada Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang.

Terpilihnya mantan Ketua PSSI itu, dirinya berjanji akan memperkuat DPD dengan cara mempertegas tiga fungsi politik anggota DPD RI, yakni fungsi Legislasi, Pengawasan dan Representasi.

“Sehingga outputnya, keberadaan DPD RI benar-benar dirasakan oleh rakyat di daerah yang diwakili,” tegas La Nyalla ditempat yang sama.

Karena itu, dirinya menawarkan konsep strategis dan taktis. Baginya, anggota DPD harus punya "roadmap" sendiri untuk penguatan fungsi dan peran itu. Salah satu roadmap ini, diakui meneruskan perjuangan teman-teman anggota DPD yang sekarang.

"Sehingga nantinya, terjadi mekanisme check and balances antara kamar DPR RI, sebagai representasi partai politik dan DPD yang mewakili kepentingan daerah," tandas La Nyalla. (Alf)

tag: #dpd  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...