Berita
Oleh Jihan Nadia pada hari Kamis, 30 Mei 2019 - 14:00:17 WIB
Bagikan Berita ini :

Pemprov DKI Berangkatkan 17.427 Pemudik dan 300 Bus Ke Kampung Halamannya

tscom_news_photo_1559199617.jpg
(Sumber foto : Jihan Nadia)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, melepas kegiatan Jakarta Mudik Bersama yang dilaksanakan atas kerja sama Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya,

"Ini adalah mudik bersama pertama yang diselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta. Saya ingin menggarisbawahi, kita ingin agar warga Jakarta pulang ke kampung halaman dengan selamat. Dan itu artinya, fasilitas transportasi yang baik (harus ada). Alhamdulillah, Jakarta, berkat kedatangan mereka, perekonomiannya bergerak. Berkat kedatangan mereka, kesejahteraan kita meningkat. Dan berkat mereka, Jakarta pendapatan pajaknya meningkat. Karena itu, kita kembalikan pendapatan pajak itu kepada mereka dalam bentuk fasilitas kendaraan pulang mudik. Ini bukan dari kami. Ini dari pemudik, lewat Pemprov, untuk pemudik. Itu yang kita kerjakan," ungkap Anies di Silang Selatan Monas, Jakarta Pusat, Kamis pagi (30/05/2019)

Kegiatan Jakarta Mudik Bersama tahun 2019 ini akan melayani 10 kota dan kabupaten, yaitu Kab. Ciamis, Kab. Kuningan, Kota Tegal, Kota Pekalongan, Kab. Kebumen, Kota Semarang, Kota Surakarta, Kab. Wonogiri, Kota Jogjakarta, dan Kab. Jombang. Selain melakukan pelayanan kepada pemudik sebanyak 17.427 orang dengan lebih dari 300 bus, Pemprov DKI Jakarta juga memberangkatkan 704 sepeda motor pemudik dari Terminal Pulo Gadung pada Rabu (29/5) sebelumnya.

Gubernur Anies menuturkan kegiatan Jakarta Mudik Bersama menandakan sebagian warga yang beraktivitas dan berkontribusi bagi pertumbuhan Ibu Kota berasal dari luar Jakarta. Karena itulah, Gubernur Anies mengeluarkan kebijakan agar mengganti operasi pemeriksaan yang sebelumnya dilakukan setiap arus balik Lebaran menjadi pelayanan jasa kependudukan. Gubernur Anies menekankan Jakarta adalah milik warga Indonesia yang memiliki kesetaraan untuk mencari kerja di setiap wilayah Republik ini.

"Tidak ada sedikitpun aturan di Republik ini yang melarang pergerakan orang dari satu tempat ke tempat lainnya. Kita memiliki kesetaraaan kesempatan untuk mencari kerja, termasuk juga di Jakarta. Tetapi, ada anjuran dari kita. Nanti bagi para pemudik. Sampaikan ke Kampung halaman, kalau (ada orang) mau ke Jakarta. Nomor satu, pastikan membawa surat-surat kependudukan yang lengkap, itu wajib. Yang kedua, usahakan memiliki kepesertaan BPJS, sehingga kalau di Jakarta ada masalah kesehatan, mudah ter-cover. Yang ketiga, bawa keterampilan, bawa pengalaman, bawa kemampuan, sehingga di Jakarta ikut menggerakkan perekonomian di Ibu Kota. Dengan cara begitu, maka datang ke Jakarta, ikut berkontribusi kehidupan perekonomian di tempat kita," jelas Gubernur Anies.

Gubernur Anies juga menyampaikan pesan kepada para pemudik agar memanfaatkan kesempatan Jakarta Mudik Bersama sebagai ajang untuk saling berinteraksi dan membangun suasana persaudaraan. Apalagi, Gubernur Anies mengutarakan, pemudik yang berada dalam satu bus belum tentu mengenal satu sama lain sebelumnya. Oleh karena itu, Gubernur Anies mengimbau batasi penggunaan gawai di dalam komunikasi maupun bermain game selama perjalanan mudik bersama.

"Dan bagi Bapak/Ibu yang membawa anak-anak, ajak anak-anak untuk melihat pemandangan sepanjang jalan. Tunjukkan kepada anak-anak, betapa indahnya negeri kita tercinta ini. Tunjukkan kepada mereka tanda-tanda sepanjang jalan, agar pengalaman pulang ini menjadi pengalaman pulang yang mengensankan sepanjang hidup mereka. Ketika mereka mengingat rute-rute jalan, nama-nama tempat, jelaskan itu kepada mereka. Insya Allah mereka nantinya suatu saat akan bisa pulang dengan kendaraan sendiri, mengajak orang tuanya pada saat orang tuanya sudah tua, dan mereka sudah menjadi anak-anak yang berhasil di kemudian hari," pesan Gubernur Anies.

Selain menjadi sarana interaksi dalam meningkatkan kebersamaan warga Jakarta, kegiatan Jakarta Mudik Bersama ini juga bertujuan untuk memberikan kemudahan, kenyamanan, dan keselamatan pemudik asal Jakarta; menekan angka kecelakaan pemudik, khususnya pemudik yang menggunakan roda dua atau sepeda motor; dan meningkatkan kelancaran dalam berlalu lintas selama masa angkutan lebaran.

"Buat semuanya, ini merupakan sebuah keistimewaan tersendiri. Terima kasih pak Kapolda dan seluruh jajaran atas pengamanan yang dibantu (untuk kegiatan ini). Insya Allah lancar sepanjang jalan, sampai di rumah dengan selamat. Dan kami tunggu Bapak/Ibu sekalian kembali di Jakarta dalam keadaan sehat wal afiat sesudah lebaran nanti. Sekaligus, karena ini menuju lebaran, izinkan saya mengucapkan selamat Hari Raya Idulfitri. Mohon maaf lahir dan batin. Sampaikan salam kepada seluruh keluarga di kampung halaman. Sampai jumpa Bulan Syawal yang akan datang," tutup Gubernur Anies.

Dalam rangka menunjang pelaksanaan kegiatan Jakarta Mudik Bersama, Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta juga telah melakukan sosialisasi kepada seluruh calon peserta yang dilaksanakan di 13 rusun yang dimiliki dan dikelola oleh Pemprov DKI Jakarta. Sosialisasi tersebut, di antaranya pemeriksaan kendaraan mudik gratis guna memastikan semua kendaraan yang dioperasikan adalah layak jalan oleh petugas pengujian kendaraan bermotor Dinas Perhubungan DKI Jakarta; pemeriksaan kesehatan bagi pengemudi dan para angkutan yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta; serta sosialisasi program Pemprov DKI . (Bara)

tag: #anies-baswedan  #pemprov-dki  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ketua Fraksi PKS Soal Serangan Iran: Israel Biang Kerok Konflik dan Instabilitas Dunia

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 16 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyesalkan eskalasi konflik Timur Tengah yang memanas akibat serangan drone-drone dan rudal balistik Iran ke wilayah (pendudukan) Israel. ...
Berita

Arus Balik Lebaran, KAI Catat 47 Ribu Orang Masuk Jakarta

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat jumlah penumpang yang masuk Jakarta pada arus balik Lebaran hari ini, Senin (15/4/2024), mencapai 47.613 orang. Angka ini meningkat ...