Opini
Oleh M Rizal Fadillah (Mantan Aktivis HMI) pada hari Selasa, 04 Jun 2019 - 06:38:01 WIB
Bagikan Berita ini :

Republik Indocina

tscom_news_photo_1559605081.jpg
M Rizal Fadillah (Sumber foto : Ist)

Berita mengejutkan tapi tidak aneh karena sudah patut diduga yakni Wakil Perdana Menteri RRC Liu Yandong dalam pidato 27 Mei 2015 di kampus UI menyatakan "bekerjasama" dengan PemerintahanIndonesia (baca: Jokowi) untuk saling tukar warga dalam berkontribusi di bidang keamanan, politik, ekonomi, dan humaniora konon hingga jumlah 10 juta. Jika benar, sepuluh juta orang Cina akan berada di Indonesia. Sementara tak akan banyak orang Indonesia ke negeri Cina. Atau orang Indonesia akandikomuniskan (dulu) di negara China?

Jika target tahun 2020 sudah masuk juta an orang Cina di Indonesia. Harus diteliti.

Secara khusus Liu Yandong menyinggung pogram "jalur sutra baru" kemaritiman yang direspons oleh sebagian rakyat kita sebagai bahaya menuju kolonialisasi China di berbagai belahan dunia, khususnya di Indonesia. Menteri Luhut telah menandatangani MOU dengan Pemerintahan Xi Jinping di Beijing beberapa waktu lalu. Beberapa pengusaha ikut serta. Katanya ini kerjasama bisnis antar swasta dan Pemerintah hanya memfasilitasi. Tidak ada hutang negara, kata Luhut. Tentu diragukan sebab fasilitasi itu biaya. Lagi pula aset negara kelak yang akan digunakan swasta. Penyesatan program ini akan menciptakan ketergantungan. Tak mungkin murni "business to business". Debt trap tetap mengancam.

Jutaan warga China datang untuk menambah Warga China keturunan yang sudah menguasai sektor ekonomi terlebih dahulu di Indonesia. Lahan luas juga telah mereka olah dan miliki. Konglocina telah lama merajalela. Bayangkan jika yang datang itu adalah tentara yang menyamar maka jika berhadapan dengan hanya ratusan ribu tentara Indonesia akan rawan sekali. Apalagi menyusup di segala sektor. Liu Yandong memperjelas agenda. Kotak pandora esok akan terbuka. Ingat Pemerintah Cina adalah Pemerintahan Komunis. Bisnis tak akan terpisah dari aspek politis dan ideologis. Mengapa Pemerintahan Jokowi begitu terbuka, bukankah dahulu kita hampir di kudeta PKI yang didukung China?

Kita mesti belajar pada negara yang babak belur oleh program "infrastruktur" China seperti Fiji, Tonga, Srilanka, Angola, Zimbabwe, Nigeria dan Pakistan. Malaysia mengeluh atas kebijakan PM Najib yang dekat dengan China. Kini Mahathir dalam kesulitan. Jeratan China bisa menenggelamkan.
Para pemimpin kita jangan hanya memikirkan untung dari komisi atau kucuran dana lain untuk pribadi, keluarga atau partai. Masa depan bangsa dipertaruhkan. Tanpa kewaspadaan dan menjaga martabat maka Negara Indonesia akan hancur berantakan.

Memasukan warga China begitu saja adalah penghianatan negara. Sama dengan memasukan narkotika atau menembakan senjata kimia. Membunuh dan membantai generasi muda dan mengancam keberadaan bangsa dan negara.
Haruskah kita berkata selamat tinggal Negara Republik Indonesia?
Lalu,
Selamat datang Republik Indocina!

Bandung, 3 Juni 2019 (*)

Disclaimer : Rubrik Opini adalah media masyarakat dalam menyampaikan tulisannya. Setiap Opini di kanal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis dan teropongsenayan.com terbebas dari segala macam bentuk tuntutan. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai dengan undang-undang pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini. Redaksi teropongsenayan.com akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang sebagai bagian dari hak jawab.

tag: #ekonomi-indonesia  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Opini Lainnya
Opini

Ahlan Wa Sahlan Prabowo Sang Rajawali!

Oleh Syahganda Nainggolan
pada hari Rabu, 24 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi sudah memutuskan Prabowo Subianto sah sebagai Presiden RI ke delapan. Itu adalah takdir Prabowo yang biasa dipanggil 08 oleh koleganya. Keputusan MK ...
Opini

Jalan Itu Tidaklah Sunyi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --"Jika Mamah jadi penguasa apakah Mamah akan menjadikan anak Mamah pejabat saat Mama berkuasa?" Itu pertanyaan anakku malam ini. Aku mendengarkan anakku ini. ...