Berita
Oleh Ahmad Syaikh pada hari Senin, 17 Jun 2019 - 15:18:08 WIB
Bagikan Berita ini :

BSSN Klaim Mentahkan 28,8 Juta Serangan Server KPU

tscom_news_photo_1560759488.jpg
BSSN (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengaku telah berhasil mementahkan 28,8 juta serangan server milik Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Ini hingga 23 Mei 2019, dan semuanya telah berhasil ditangani," kata Kepala BSSN Hinsa Siburian dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR RI di Senayan, Jakarta, Senin (17/6/2019).

Hinsa menyatakan, banyaknya percobaan serangan bukan karena ada teknik baru, melainkan dilakukan lebih masif. Menurutnya lagi, sebagian besar serangan terhadap server KPU adalah berupa malware.

Hinsa menyatakan pihhaknya tidak mendalami motif atau konten serangan siber tersebut, mereka hanya melakukan berkoordinasi dengan KPU, BPPT, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Luar Negeri, Badan Intelijen Negara, Polri, Kemenkumham dan instansi lainnya.

Dalam rapat tertutup itu, Hinsa menyebutkan BSSN akan tetap melakukan deteksi dan identifikasi ancaman serangan siber pascapengumuman resmi KPU terkait hasil Pemilu 2019.

"BSSN tetap menjaga integritas dan profesionalitas serta menjunjung tinggi netralitas dalam mendukung pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia serta jujur dan adil," ujarnya.

Pengamanan ruang siber nasional dalam pengamanan Pemilu 2019 merupakan salah satu agenda dalam rapat kerja yang dilaksanakan bersama Komisi I DPR RI.

Hinsa juga menyatakan ada pembahasan anggaran dan rencana kerja prioritas nasional untuk BSSN pada 2020 yang hasilnya sama dengan tahun ini yakni sebesar Rp2,2 triliun tahun 2020.

Anggaran tersebut akan difokuskan untuk skala prioritas di antaranya pengembangan sumber daya manusia, penelitian dan operasional. (ahm)

tag: #kpu  #pemilu-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...