Bisnis
Oleh Fitriani pada hari Senin, 17 Jun 2019 - 16:25:26 WIB
Bagikan Berita ini :
Peringati Hari UMKM Internasional ke-3

Pemkot Tangsel Gelar Pameran Ekspor Internasional

tscom_news_photo_1560763526.jpg
Pameran Ekspor Internasional (Sumber foto : Fitri/Teropong Senayan)

TANGSEL (TEROPONGSENAYAN) -- Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar pameran eksporinternasional dan workshop untuk menmperingati Hari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Internasional ke-3 tahun 2019 se-Provinsi Banten.

Ketua Panitia penyelenggara International Council For Small Business (ICSB) tingkat Provinsi Banten, yang juga menjabat sebagai Asisten Daerah 2 Retno Prawati mengatakan, kegiatan ini mengusung tema strategi pengembangan produk-produk unggulan UMKM potensi eksport.

Kegiatan tersebut diikuti dari unsur pengurus ICSB se-Provinsi Banten, pelaku usaha UMKM se-Provinsi Banten, yang diutamakan berpotensi eksport dari pemerintah Kabupaten/Kota serta unsur masyarakat jug dunia usaha.

"Kegiatan ini diikuti oleh partisipan dari tujuh Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten, serta workshop yang diselenggarakan di lantai 4 Gedung Puspemkot yang diikuti sebanyak 250 peserta," kata Retnodi Plaza Rakyat Pusat Pemerintahan Kota (Puspemkot) Tangsel, Kecamatan Ciputat, pada Senin (17/06/2019).

Dikatakan Retno, kegiatan tersebut untuk meningkatkan semangat pemberdayaan dan motivasi terhadap UMKM di tanah air, sekaligus meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap hari UMKM Internasional.

Di tempat yang sama, Ketua ICSB Provinsi Banten, Airin Rachmi Diany, menerangkan, ICSB merupakan organisasi non-profit internasional yang memiliki perhatian pada pendidikan, penelitian, serta pertukaran ide untuk mengembangkan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah dunia yang telah berdiri sejak tahun 1955, dengan keanggotaan di 85 negara.

Di Indonesia sendiri ICSB mulai aktif sebagai bagian dari organisasi globak tersebut sejak tahun 2015 dibawah inisiatif Menteri Koperasi dan UKM A.A.G.N Puspayoga dan Founder serta chairman Markplus Hermawan Kerta jaya.

ICSB Indonesia memposisikan dirinya sebagai payung bagi organisasi, komunitas serta gerakan lain yang memiliki perhatian terhadap pengembangan UMKM di Indonesia. Sebagai organisasi dengan reputasi Internasional, ICSB memiliki agenda rutin tahunan berupa acara-acara diskusu panel seputar kewirausahaan.

Sehubungan dengan hal itu, maka ICSB Provinsi Banten menyelenggarakan workshop dan pameran dengan tema strategi pengembangan produk-produk unggulan UMKM Potensi Eksport.

"Saya berharap acara ini dapat meningkatkan pemahaman dan mengembangkan ide-ide para pengurus ICSB dan pelaku UMKm menuju tingkat dunia. Dan bertujuan untuk meningkatkan semangat pemberdayaan terhadap UMKM di tanah air," ungkap Airin.

Berbagai produk dari tujuh Kabupaten/Kota dipamerkan di Plaza Rakyat Kota penyangga DKI Jakarta itu, mulai dari tas, sepatu, produk makanan bahkan produk dari bahan bekas jadi lampu pun ada di pameran itu. (ahm)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement