Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Minggu, 17 Mei 2015 - 20:43:17 WIB
Bagikan Berita ini :

Survey: Kinerja DPR RI Negatif

74tscom-gedungdpr-ist-17515.jpg
Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (Sumber foto : teropongsenayan.com)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Peneliti Kelompok diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) Hendri Satrio mengungkapkan bahwa kinerja Partai Politik (Parpol) dan DPR mendapatkan respon negatif di kalangan masyarakat.Hal itu berdasarkan hasil survey yang dilakukan KedaiKOPI pada kurun waktu akhir April 2015 lalu di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Dalam Fungsi anggaran, rakyat merespon ‎67,8% tidak puas dan hanya 22,4% yang puas sementara sisanya tidak menjawab. Fungsi pengawasan‎, 58,2% tidak puas dan 30,9% puas serta sisanya tidak menjawab.

Fungsi pembuat Undang-Undang 54% tidak puas, hanya 33,1% yang puas dan sisanya tidak menjawab. Terhadap fungsi ini rakyat mengacu pada kenyataan baru 3 undang-undang yang diselesaikan dari 37 yang dibahas pemerintah.

Untuk fungsi penyaluran aspirasi rakyat ternyata mendapat nilai terburuk. Rakyat mencitrakan ‎70,7% tidak puas dan hanya 20,2% yang puas sementara sisanya tidak menjawab.

"Kinerja DPR mendapatkan respon negatif dikalangan masyarakat," ujar Hendri melalui pesan singkat yang diterima TeropongSenayan, Minggu (17/5/2015).

Alih-alih bekerja sesuai tugas dan fungsinya, DPR malah sibuk dengan masalahnya sendiri, mulai dari pengkubuan KIH dan KMP, hingga yang terbaru rencana pembangunan gedung baru senilai ratusan miliar-triliunan rupiah.‎

Survei dilakukan terhadap 450 responden dengan Margin of Error (MoE) +/- 4,62% pada tingkat kepercayaan 95%. Pemilihan sample dilakukan secara acak (probability sampling) menggunakan metode sample acak bertingkat (multistage random sampling) dengan memperhatikan proporsi antara jumlah sample dengan jumlah pemilih di setiap kota.

Unit sampling primer survei (PSU) ini adalah kelurahan. Jumlah responden masing-masing PSU adalah 10 orang yang tersebar secara proporsional di 45 kelurahan terpilih di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Bekasi. (al)

tag: #Kinerja DPR RI negatif  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...