Berita
Oleh Fitriani pada hari Senin, 01 Jul 2019 - 14:30:45 WIB
Bagikan Berita ini :
Telan Banyak Korban

KPU Rekomendasikan Pemilu Dibagi Dua Tingkat

tscom_news_photo_1561966245.jpg
KPU (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- KomisionerKPU RI Wahyu Setiawan menilai, perlu ada revisi terkait Undangan-Undang (UU) pemilu. Pihak KPU sendiri menurut Wahyu, akan merekomendasikan kepada pemerintah dan DPR RI selaku pembuat UU untuk membagipemilu serentakdalam dua tingkat.

Dikatakan Wahyu, pemilu serentak dapat dibagi menjadi dua kelompok yakni pemilu tingkat lokal dan nasional. Pemilu tingkat lokal itu sendiri mencakup Pileg DPRD provinsi, Pileg DPRD kabupaten/kota, gubernur, dan bupati. Sementara pemilu nasional mencakup, pilpres dan pileg DPR RI.

"Kami fokus pada keserantakan pemilu. Nanti kita akan membuat rekomendasi kebijakan kepada pembuat UUD, pemerintah dan DPR RI. Salah satu keserentakan yang akan kita rekomendasikan adalah pemilu tetap serentak, tapi kita bagi dalam dua jenis besar, yaitu pemilu lokal dan nasional," ujar Wahyu di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, pada Senin (01/7/2019).

Wahyu menegaskan, dasar rekomendasi tersebut yakni berkaca dari Pemilu Serentak 2019 kemarin, yakni soal penyebab banyaknya ratusan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) meninggal dunia Pemilu 2019 akibat beban kerja yang terlalu berat.

"Sebab, kalau kemudian serentak dalam pengertian lokal dan nasional digabung, salah satu evaluasi kita adalah beban pekerjaan penyelenggara pemilu terutama di KPPS, itu tak rasional antara kemampuan manusiawi dengan beban pekerjaan," ucap Wahyu.

"Salah satu penyebab banyaknya korban penyelenggara KPPS ataupun Panwaslu, kepolisian, itu antara lain disebabkan karena volume pekerjaan yang tak sebanding kemampuan manusiawi," tutupnya. (ahm)

tag: #kpu  #dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kuartal Pertama 2024, Telkom Catat Laba Bersih Operasi Rp6,3 Triliun atau Tumbuh 3,1% YoY

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) membukukan pendapatan konsolidasi sebesar Rp37,4 triliun pada akhir kuartal pertama 2024 atau tumbuh 3,7% YoY. Pencapaian ini ...
Berita

Fraksi PKS Sangat Kecewa AS Veto Keanggotaan Penuh Palestina di PBB

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini sangat kecewa dan menyesalkan sikap Amerika Serikat (AS) yang memveto draf resolusi untuk mengakui secara penuh keanggotaan Palestina di ...