Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Sabtu, 06 Jul 2019 - 19:25:14 WIB
Bagikan Berita ini :

Tak Etis, PDI-P Tak Akan Setor Nama Menteri Seperti PKB

tscom_news_photo_1562415914.jpg
Cak Imin (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Partai pemenang Pemilu 2019 PDI-P merespon manuver PKB yang mengajukan 10 nama calon menteri kepada Presiden dan Wapres terpilih Jokowi-Ma"ruf Amin.

Politikus PDIP Zuhairi Misrawimerasa tak etis bila partainya ikut-ikutan melakukan pengajuan nama menteri seperti yang dilakukan PKB.

"Pak Jokowi kan kader PDI Perjuangan, maka sangat tidak etis kalau kita (ikut) meramaikan," kata Zuhairi, Jakarta, Sabtu (6/7/2019).

Menurutnya, Jokowi tentu sangat paham pertimbangan terbaik memilih nama-nama menteri. PDI-P memilih tak akan mengajukan nama menteri dan menyerahkan keputusannya pada Jokowi selaku Presiden yang mempunyai hak prerogatif.

"Kami sepenuhnya percaya Pak Jokowi memilih menteri-menteri terbaik. Tentu partai politik adalah lembaga yang mengkader calon-calon pemimpin, maka apapun yang diusulkan parpol insyaallah akan menjadi menteri terbaik," katanya.

Meski punya hak prerogatif, namun Jokowi bakal berdiskusi dengan partai-partai pendukungnya untuk menentukan nama menteri. Itu adalah sopan santun (fatsun) berpolitik.

"Sebagai fatsun politik, Pak Jokowi akan berdiskusi dengan pimpinan partai yang lain. Bagaimanapun kami dari Koalisi Indonesia Kerja terdiri dari beberapa partai pendukung," kata Zuhairi.

Nama-nama calon menteri dari PDIP disebutnya akan segera nampak. "Teman-teman bersabar saja. Pertengahan Juli nanti akan kelihatan," kata Zuhairi.

Sejak awal, parpol pendukung Jokowi-Ma"ruf menyebut Jokowi mendukung kaum milenial turut mengisi kabinet.

Menurut Zuhairi, PDI-P punya anak-anak muda yang berkemampuan memimpin kementerian. Dia menyebut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (kelahiran 1966), Wakil Sekjen PDIP Ahmad Basarah (lahir 1968), dan Ketua DPP Andreas Hugo Pareira (lahir 1964).

"Banyak sekali yang masih muda," ujar Zuhairi.

Sebelumnya, Partai besutan Muhaimin Iskandar alias Cak Iminmenyatakan telah mengajukan 10 nama kadernya untuk mengisi posisi menteri di kabinet Jokowi-Ma"ruf nanti. PKB juga ingin posisi Menteri Desa. Juga, PKB tak ingin jumlah jatah kursi menteri tak dicampur dengan jumlah jatah NU. (Alf)

tag: #pdip  #jokowimaruf-amin  #pkb  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...