Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 09 Jul 2019 - 15:17:41 WIB
Bagikan Berita ini :

PDIP Keberatan Penuhi Syarat Rekonsiliasi dari Kubu Prabowo

tscom_news_photo_1562660261.jpg
Habib Rizieq Shihab (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Politikus PDIP Masinton Pasaribu kurang setuju jika tujuan rekonsiliasi menjadi syarat pemulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab ke Indonesia. Ia menilai rekonsiliasi harus diawali dengan ketulusan bukan tujuan kepentingan tertentu.

"Rekonsiliasi itu harus diawali dengan keluhuran dan ketulusan. Rekonsiliasi dimaknai membangun persatuan, membangun persaudaraan sesama elemen anak bangsa. Maka dengan dilandasi itu, tidak ada embel-embel lain, selain semangatnya untuk persatuan bangsa," kata Masinton di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Kemudian, lanjut dia, rekonsiliasi itu juga tidak boleh ada transaksi-transaksi lain selain kepentingan bangsa. "Maka rekonsiliasi itu harus membangun persatuan dan punya komitmen merajut ke Indonesia. Kalau ada umpamanya syarat-syarat, ya menurut saya rekonsiliasi harus dengan keluruhan, tidak ada lain selain untuk kepentingan bangsa," jelas Masinton.

Seharusnya, kata Masinton, tidak ada kendala HRS untuk kembali ke Indonesia. Pasalnya, HRS meninggalkan Indonesia atas keinginan sendiri tanpa ada tekanan-tekanan.

"Kalau kembali monggo silakan atas niat sendiri. Beliau kembali kita sambut dengan tangan terbuka sebagai anak bangsa. Nah, kalau ada persoalan lain, misalnya masalah hukum, kan hukum punya mekanisme sendiri untuk menyelesaikan. Tentu upaya hukum kalau ada persoalan lain monggo," ujarnya.

Terlepas dari itu, Anggota Komisi III DPR RI ini juga menyampaikan bahwa jika ada kasus hukum, maka harus diproses sesuai aturan yang ada.

"Hukum punya mekanisme sendiri yang tidak boleh diintervensi siapa pun. Kemandirian dalam penegakan hukum harus dihormati. Perbuatan melawan hukum, bukan kriminalisasi," pungkas dia. (ahm)

tag: #habib-rizieq  #jokowi  #prabowo-subianto  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Buka Puasa Bersama Komunitas Morgan Sports Club, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Tingkatkan Solidaritas Kebangsaan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Ketua Dewan Pembina komunitas otomotif mobil klasik asal Inggris Morgan Sports Car Club Indonesia (MSCCI) dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia ...
Berita

Aksi Damai GPKR di Gedung Mahkamah Konstitusi untuk Menegakkan Kedaulatan Rakyat

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dengan semangat perjuangan tanpa titik kembali, hari ini Kamis 28 Maret 2024, Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat (GPKR) akan kembali menggelar aksi damai bertempat di ...