Berita

Songsong Pemilu yang Lebih Baik

Carut Marut DPT Pemilu Harus Segera Diselesaikan

Oleh Mandra Pradipta pada hari Rabu, 10 Jul 2019 - 15:54:16 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1562748856.jpg

DPT (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Wakil Ketua Komisi II DPR RI Herman Khaeron menegaskan pentingnya menyelesaikan persoalan krusial mengenai carut-marut Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu 2019.

"Kami terus melakukan uji petik, baik di KPUD Kabupaten/Kota maupun di KPUD Provinsi untuk mendalami situasi Kepemiluan 2019. DPT adalah dasar untuk memilih, sehingga inilah yang menjadi krusial harus kita dalami seperti apa penetapan DPT ke depan," kata Herman di Jakarta, Rabu (10/7/2019).

"Jika masih banyak DPT bermasalah, maka potensi celah kecurangan masih marak terjadi. Ini harus segera diatasi sejak sekarang untuk Pemilu ke depan yang lebih baik," tambahnya.

Permasalahan berikutnya, jelas Herman, mengenai mekanisme dan tata cara pemilihan. Apakah harus dilakukan dengan serentak ataukah ada cara lain yang lebih menjamin hasil yang diakui. 

"Indikasi adanya kecurangan, money politic dan lain sebagainya yang sesungguhnya harus kita lakukan ke depan," jelasnya.

Politisi Partai Demokrat ini menyarankan agar ada langkah identifikasi awal untuk memperbaiki peraturan perundang-undangan yang basisnya adalah untuk menutupi berbagai celah permasalahan dan mewujudkan pemilu yang lebih baik. 

"Kita undang Pemda, Kepolisian, Kejaksaan dan pihak terkait yang bisa urun rembuk apa sebenarnya yang harus kita perbaiki dari pelaksanaan Pemilu 2019 secara serentak," pungkas dia. (ahm)

tag: #pemilu  #kpu  

Bagikan Berita ini :