Jakarta
Oleh Jihan Nadia pada hari Minggu, 21 Jul 2019 - 14:20:11 WIB
Bagikan Berita ini :

Hadiri Lebaran Betawi, Anies: Ini Tanah Kita, Ini Air Kita

tscom_news_photo_1563693611.jpg
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketum Bamus Betawi, Haji Lulung saat menghadiri Lebaran Betawi di Monas, Minggu (21/7/2019). (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Gubernur DKI Anies Baawedanmenghadiri acara lebaran Betawi di lapangan Monas, Jakarta Pusat, hari ini, Minggu (21/7/2019).

Dalam sambutannya, Anies menyebut Jakarta sebagai simbol persatuan Indonesia.

"Bahwa pesan tema ini relevan, insyaallah Jakarta jadi simbol persatuan Indonesia. Dan kita ingin Jakarta, di mana menjadi tuan rumah di kota kita sendiri," kata Anies dalam sambutannya di Monas, Minggu (21/7/2019).

"Jangan sampai menjadi penonton di kota sendiri, tidak boleh merasa orang asing di kota sendiri, ini tanah kita, ini air kita, ini tanah air kita. Karena itu, menjadi tradisi dikembangkan, dan ditumbuhkan bukan pelestarian, kalau pelestarian menjadi barang kuno," lanjut dia.

"Kaum elite dibilang kemerdekaan bukan kemauan rakyat, lalu apa yang terjadi, masyarakat Betawi berbondong-bondong ke lapangan ini ingin menunjukkan kepada dunia bahwa kemerdekaan bukan kemauan masyarakat kecil. Kemerdekaan adalah kemauan seluruh rakyat, yaitu siapa masyarakat Betawi yang melakukan tempat ini," jelas dia.

Anies juga menyinggung sejarah lapangan Monas dalam era kemerdekaan Indonesia. Monas, disebut Anies, digagas dalam pertemuan Ikada pada 1945 dan adanya peran masyarakat Betawi dalam kemerdekaan Indonesia.

Menurut Anies, kehadiran masyarakat Betawi di Monas saat itu membuat pesan seluruh dunia. Kemerdekaan saat itu, sambung Anies, bukan untuk kelompok kecil, melainkan tujuan seluruh masyarakat Indonesia.

"Kehadiran masyarakat Betawi saat itu mengirimkan pesan kepada semua bahwa Indonesia merdeka bukan cita-cita kelompok kecil, tapi kemerdekaan seluruh rakyat. Hari ini kembali menggunakan untuk tradisi lebaran Betawi," jelas Anies. (Alf)

tag: #anies-baswedan  #bamus-betawi  #pemprov-dki  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...