Berita
Oleh ferdiansyah pada hari Jumat, 26 Jul 2019 - 16:58:13 WIB
Bagikan Berita ini :

Pertemuan Para Elite Cermin Kuatnya Presidensial Multipartai

tscom_news_photo_1564135093.jpeg
Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--
Pengamat politik, Girindra Sandino menilai, pertemuan para elite politik dalam beberapa waktu terakhir mencerminkan kuatnya sistem presidensial-multipartai di Indonesia.

Menurut dia, hal itu merupakan langkah awal membentuk pemerintahan kuat. Direktur Eksekutif Indonesian Democratic Center for Strategic Studies (Indenis) ini menilai pertemuan para elite politik belakangan ini tidak lepas dari kondisi perpolitikan yang ada. Menurut dia, Indonesia menganut pola pembentukan koalisi besar, sebagaimana istilah literatur ilmu politik yang digagas Arend Lipjhart.

"Artinya, koalisi yang dibentuk melibatkan banyak partai di parlemen. Ini yang terbaca dari manuver elite politik saat ini. Walau banyak penentangan di internal koalisi," ujarnya di Jakarta, Jumat (26/7/2019).

Seperti diketahui, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di kediaman Megawati, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/7/2019). Sebelumnya, Prabowo juga bertemu dengan Presiden Terpilih 2019-2024 Joko Widodo.

Menurut Girindra, ada kepentingan politik jangka panjang dalam pertemuan para elite tersebut, terutama untuk stabilitas jalannya roda pemerintahan.

"Pertemuan tersebut membawa angin segar politik Tanah Air yang sebelumnya berlawanan keras di Pilpres 2019 bahkan sempat memecah belah masyarakat Indonesia," kata Girindra.

Pertemuan tersebut dipercaya akan diikuti connected coalition atau kesamaan dalam preferensi kebijakan. Tentunya, kata dia, preferensi ini berasal dari partai-partai yang sama dalam skala kebijakan.(plt)

tag: #jokowi  #megawati-soekarnoputri  #prabowo-subianto  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...