Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Selasa, 30 Jul 2019 - 14:29:59 WIB
Bagikan Berita ini :

Jokowi Minta Ormas Konsisten dengan Ideologi Pancasila

tscom_news_photo_1564471799.jpeg
Jokowi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyampaikan pesan PresidenJokowi terkait ideologi ormas.

Jokowi, kata Tjahjo, meminta setiap ormasharus sejalan dan konsisten dengan ideologi negara, Pancasila.

Hal itu diutarakan Tjahjo menanggapipernyataan Presiden Jokowi mengenai izin Front Pembela Islam (FPI) sebagai organisasi kemasyarakatan di Indonesia.

"Ini masalah politik negara yang harus ditaati oleh setiap ormas yang mempunyai hak untuk berormas, berhimpun, berpartai yang dilindungi undang-undang," kata Tjahjo di Jakarta, Selasa (30/7/2019).

"Aturan kenegaraan harus diikuti dengan baik, termasuk pengajuannya, kita lihat record-nya bagaimana. Jadi tidak hanya FPI, seluruh ormas yang ada juga," tambahnya.

Oleh karenanya, Tjahjo menolak apabila ada asumsi bahwa pernyataan Presiden Jokowi tersebut kental dengan nuansa politik pragmatis atau elektoral. Ia menegaskan, pernyataan Presiden berkaitan erat dengan politik negara.

Mengingat, terang dia, proses penerbitan izin bagi FPI sendiri sedang diurus oleh Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri.

Dan Tjahjo pun belum mengetahui terkaitizin tersebut apakah akan dikeluarkan atau tidak.

"Menyangkut FPI sedang ditelaah detail oleh Dirjen Polpum. Karena tidak hanya FPI, ormas yang ada di negara kita sampai 400 ribu ormas. Baik yang SKT-nya ada yang lewat Kumham ada yang akta notaris, ada yang lewat Kemendagri itu setiap pengajuan SKT kami telaah khususnya menyangkut AD/ART-nya," jelasnya. (Alf)

tag: #jokowi  #tjahjokumolo  #fpi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

KPU Undang Presiden Umumkan Pemenang Pilpres 2024

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri langsung penetapan pemenang Pilpres 2024. Rencanannya, acara tersebut ...
Berita

Kondisi Anaknya Sungguh Tragis di Tangan Mantan Suaminya, Lisa Tak Kuasa Membendung Airmata

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ini adalah suatu kisah pilu yang dituturkan oleh seorang ibu kandung bernama Lisa yang memiliki seorang putri berinsial GI, dan GI adalah putri keduanya yang telah ...