Berita
Oleh ferdiansyah pada hari Rabu, 31 Jul 2019 - 17:56:56 WIB
Bagikan Berita ini :

Fahri Usul Ibu Kota Negara Dipindah ke Pulau Reklamasi

tscom_news_photo_1564570616.png
Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah (Sumber foto : ist)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengusulkan ibu kota negara dipindahkan ke pulau reklamasi di Teluk Jakarta, bukan ke Kalimantan. Pilihan pulau reklamasi mempertimbangkan konsep Indonesia sebagai negara kepulauan.

"Indonesia adalah negara kepulauan dan negara maritim, dimana luas perairan jauh lebih luas dari pada daratan. Sebagai negara maritim ibu kota negara seharusnya di pantai, bukan di pedalaman," kata Fahri di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu (31/7/2019).

Pertimbangan berikutnya adalah jarak pulau reklamasi, yang dekat dengan Jakarta.

"Seperti halnya ibu kota negara Malaysia, dipindahkan dari Kuala Lumpur ke Putra Jaya yang hanya berjarak 36 km," ujar Fahri.

Menurut Fahri, ibu kota negara adalah jantung dari sebuah negara yang memiliki semua fasilitas dan akses dari seluruh daerah ke ibu kota negara. Oleh karenanya, daerah yang harus memenuhi semua persyaratan sebagai ibu kota negara.

"Karena itu, rencana pemindahan ibukota harus disiapkan secara serius dan dilakukan kajian matang, serta mendapat dukungan dari semua pihak," katanya.

Fahri pun mempertanyakan alasan pemindahan ibu kota ke Kalimantan.

"Di pedalaman Kalimantan juga jauh dari pantai dan jauh dari pelabuhan laut," ujar dia.

Pada bagian lain, Fahri menegaskan pentingnya kajian mendalam untuk memindahkan ibu kota negara. Beberapa hal yang perlu dikaji adalah luas lahan yang diperlukan, gedung dan infrastruktur yang dibangun, serta anggaran yang dibutuhkan.

"Semuanya harus dilakukan kajian," katanya.(plt)

tag: #fahri-hamzah  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...