Berita
Oleh Jihan Nadia pada hari Kamis, 01 Agu 2019 - 09:26:45 WIB
Bagikan Berita ini :
Menristekdikti Wacanakan Rektor Asing

Fahri: Sampeyan Jadi Menteri Kerjaannya Apa ?

tscom_news_photo_1564626405.jpeg
Menristekdikti Mohamad Nasir (Sumber foto : ist)


JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah, mempertanyakan wacana mengundang rektor asing untuk memimpin Perguruan Tinggi Negeri Indonesia tertentu. Wacana ini digulirkan oleh Menristekdikti Mohamad Nasir.

Menurut Fahri, jika niat untuk meningkatkan kualitas kampus nasional, maka Menristekdikti seharusnya mempunyai formulasi program kerja yang bisa dikoordinasikan dengan rektor-rektor kampus dalam negeri.Jika untuk meningkatkan kualitas, kampus harus dipimpin oleh rektor asing, maka kapasitas Menristekdikti jadi dipertanyakan.

"Lah sampeyan jadi menteri apa kerjaannya?! Begitu lho!" ujar Fahri di Gedung Parlemen, Jakarta, Rabu (31/7/2019).

"Lha, kita ini membentuk kabinet dan memilih menteri-menteri kan (karena) kita anggap dia jago membereskan itu," imbuh Fahri.

Bermudah-mudah "lempar handuk" dalam mencapai gol, menurut Fahri, bukanlah hal tepat. Fahri juga menyinggung BUMN yang gagal dipimpin orang asing.

"Ini kan kayak mau buang badan. Gagal membuat BUMN kelas dunia, cari CEO asing, gagal membuat kampus menjadi kelas dunia, cari rektor asing," kata Fahri.

"Nanti naikin saja ke atas, jangan-jangan kita nggak sanggup jadi presiden juga, (kemudian) nyari orang asing jadi presiden," ujar Fahri melanjutkan.

Sebelumnya, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menggulirkan wacana mengundang rektor dari luar negeri untuk memimpin perguruan tinggi (PTN) yang paling siap. Wacana ini guna meningkatkan ranking perguruan tinggi dalam negeri agar bisa menembus peringkat 100 besar dunia.

"(Kita nanti tantang calon rektor luar negerinya) kamu bisa tidak tingkatkan ranking perguruan tinggi ini menjadi 200 besar dunia. Setelah itu tercapai, berikutnya 150 besar dunia. Setelah ini 100 besar dunia. Harus seperti itu. Kita tidak bisa targetnya item per item," kata Nasir.(plt)

tag: #kemenristekdikti  #fahri-hamzah  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...