Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Jumat, 02 Agu 2019 - 14:01:58 WIB
Bagikan Berita ini :
Pemindahan Ibu Kota

DPR Minta Pemerintah Bentuk Badan Otoritas Khusus

tscom_news_photo_1564729318.jpeg
Ibu Kota Jakarta (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota Komisi XI DPR RI Michael Jeno mendorong kepada pemerintah agar sebaiknya membetuk satu badan otorita tersendiri untuk melakukan pemindahan ibu kota negara.

Ia mengatakan, untuk mengeksekusi program ini, dibutuhkan rencana strategis termasuk pemilihan sumber daya manusia yang profesional dan matang.

Jeno menyatakan, akan banyak kerja sama lintas sektoral yang dibangun guna mengeksekusi pemindahan ibu kota, sehingga diperlukan badan baru yang strategis.

"Saya pikir ini harus ada semacam badan otorita untuk pemindahan ibu kota baru. Nanti kan di awal Bappenas yang sudah jalan, tetapi kalau sudah spesifik mungkin akan banyak kementerian lain yang akan terlibat. Kerja lintas sektoral seperti ini akan lebih efektif kalau dibuat satu badan otorita tersendiri karena ini juga isu yang sangat strategis," kata Jeno di Jakarta, Jumat (2/8/2019).

Politisi PDI-Perjuangan tersebut mengungkapkan, bahwa saat ini belum ada langkah yang diambil Presiden terkait pembentukan badan tersebut.

Menurutnya mungkin saat ini Presiden masih sibuk melakukan peninjauan guna mempertimbangkan sejumlah kandidat kita yang sudah dikai Bappenas untuk menjadi ibu kota baru.

"Sampai saat ini belum ada keputusan yang diambil. Tapi harus tahun ini, begitu lokasi diputuskan. Pemerintah saat ini tengah melihat kerangka kelembagaan dan struktur badan otorita yang akan dibentuk. Struktur tersebut salah satunya terkait anggota badan otoritas," jelasnya.

Selain itu, politisi dapil Kalimantan Barat ini juga menekankan bahwa ketika badan otorita dibentuk, maka badan itu harus dilindungi dengan landasan hukum yang kuat.

Sebab, tugas dan fungsi badan tersebut akan vital dalam pelaksanaan pemindahan ibu kota.

"Badan ini juga memiliki tugas untuk mengoordinasikan seluruh proses pemindahan ibu kota. Tugas mulai dari pengelolaan dana investasi dan membangun kerja sama dengan seluruh pihak, baik dengan pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), hingga swasta," tuturnya. (ahm)

tag: #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...