Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 06 Agu 2019 - 15:10:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Sebut Tak Ada Unsur Sabotase, Komisi III DPR: Mabes Polri Terlalu Buru-buru

tscom_news_photo_1565078036.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENYAN) --Anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani menilai, aparat kepolisian terlalu cepat menyimpulkan terkait insiden padamnya listrik hingga berjam-jam, Minggu (4/8/2019) kemarin.

Polisi, sebelumnya menyatakan, bahwa pihaknyatidak menemukanunsur sabotase dalam pemadalam massaldi setengah Pulau Jawa, yang membuat panik publik itu.

"Ya saya malah ingin mengkritisi kesimpulan Mabes Polri yang terlalu cepat. Investigasinya diperdalam dulu, bahwa kesimpulan itu bisa jadi benar. Tetapi kan kesannya kalau itu belum diselidiki dengan mendalam, dan peninjauan lapangan belum dilakukan secara benar dan teliti menurut saya terlalu cepat itu," kata Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Seharusnya, kata dia, pihak kepolisian jangan menyampaikan sebuah kepastian sebelum adanya investigasi secara mendalam.

"Misalnya Polri belum menemukan indikasi adanya penyabotan, sementara yang ditemukan adalah soal pohon yang harusnya dikalahkan, tapi kalau belum apa apa sudah disimpulkan seperti itu kalau ada hal lain jadi seolah-lah Polri kita tidak akurat," katanya.

"Kalau soal penyebab seperti apa, kalau itu mau diselidiki, harus nunggu juga PLN kemarin diaudit investigasi, kan persis tipikor untuk menentukan ada tidaknya kerugian negara harus audit investigarif dulu. Jadi seperti itu, walaupun pemerintahan mengkritisi Polri boleh aja," tambahnya.

Polisi telah melakukan investigasi awal terhadap pemadaman listrik secara meluas dan dalam waktu lama (blackout) di setengah Pulau Jawa, pada Minggu (4/8/2019). Hasilnya, tidak ditemukan unsur sabotase.

"Dapat dipastikan dari investigasi awal, tidak ditemukan unsur sabotase maupun serangan terorisme," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo, di Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Dedi menyatakan, tim investigasi Bareskrim akan bertolak ke Jawa Tengah untuk menelusuri penyebab insiden listrik padam. Tim Bareskrim ini akan membantu Polda Jawa Tengah yang telah terlebih dulu melakukan investigasi penyebab mati listrik massal tersebut. (Alf)

tag: #pln  #komisi-iii  #dpr  #polri  #bumn  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement