Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 07 Agu 2019 - 08:24:13 WIB
Bagikan Berita ini :

Balada 'Tersangka' Sengon Sebagai Biang Blackout

tscom_news_photo_1565141089.jpg
Salah satu pohon sengon yang jadi 'tersangka' penyebab blackout. (Sumber foto : ist)

SEMARANG (TEROPONGSENAYAN) --Blackout di separuh Pulau Jawa pada hari Minggu (4/8) lalu diduga akibat pohon yang berada di bawah jaringan Sutet di Gunungpati Semarang. Tak hanya 1 pohon, tapi 5 pohon yang diduga jadi "tersangka". Semula PLN membantahnya.

Sehari setelah blackout, ramai di media sosial disebut pohon Sengon yang menjulang tinggi di Gunungpati sebagai penyebabnya. Pihak PLN saat itu masih membantahkabar tersebut.

Setelah ditelusuri, ternyata di Kampung Malon, Kelurahan Gunungpati, Kecamatan Gunungpati ada peristwa ledakan di bawah kabel Sutet yang menyebabkan kabel telepon dan pohon terbakar, bahkan 2 orang uka. Peristiwanya mulai pukul 11.20 WIB, tepat sebelum Jakarta Blackout.

Ketua RT 01 RW 06, Supraptyo, menceritakan ngerinya kejadian saat itu. Pada ledakan pertama, cipratan api membakar ujung pohon Randu Alas dan kabel telpon. Warga pun berusaha memadamkan.

Kemudian 30 menit setelahnya terdengar ledakan lagi di pohon Sengon Jawa dan kali ini membuat warga bernama Muhammad Said terpental dan pingsan dengan luka bakar di kaki dan perut.

"Pak Muhammad Said terpental tidak sadarkan diri. Itu masih ramai mobil lalu lalang," kata Supraptyo, Selasa (6/8/2019).

Suara ledakan kembali terdengar dan warga bernama Usep Aprianto terpental saat menolong Said. Usep terluka di kaki dan bisa langsung beraktivitas, namu Said harus dirawat di rumah sakit.

Supraptyo menjelaskan ada 5 ledakan dan mengenai pohon Randu Alas, 2 pohon Sengon Jawa, dan 2 Pohon Mahoni. Lima pohon itu langsung ditebang usai kejadian. Namun Supraptyo yakin masih ada jarak antara pohon dan kabel Sutet. Meski demikian ia meminta warga yang punya pohon tinggi agar segera menebang agar tidak terjadi peristiwa serupa.

"Jadi ledakan tiap pohon ini, 5 kali. Yang Mahoni ini sampai pecah bagian tiang telepon," ujarnya.

Investigasi masih dilakukan PLN dan Kepolisian saat ini. Pihak PLN yang mendampingi kepolisian di lokasi, Ricardo SIregar, selaku Manager Unit PLN Semarang mengatakan peristiwa tersebut bukan kabel Sutet meledak.

Dia belum bisa menyebutkan pasti peristiwa yang terjadi karena investigasi masih dilakukan, namun diduga ada semacam kilatan petir atau percikan yang menyentuh pohon.

"Semacam petir menembus gitu ya. Nah kenapa bisa tembus itu kita cari tahu. Semacam petir yang meloncat," ujar Ricardo. "Tapi nanti pastinya nunggu hasil investigasi saja ya," imbuhnya seperti dikutip detik.

Namun ia menegaskan tidak ada kerusakan pada kabel Sutet. Sedangkan dari kesaksian warga yang melihat ad kabel terbakar, yang dimaksud adalah kabel yang melintang di bawahnya yaitu kabel telepon atau jaringan internet.

"Instalasi itu tidak ada apa-apa, sudah beroperasi normal lagi," kata Ricardo. (Alf)

tag: #pln  #bumn  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Soroti Kasus Pinjaman Shopee Paylater, Anggota Komisi XI DPR Dorong OJK Tindaklanjuti dan Perketat Perlindungan Konsumen

Oleh Fath
pada hari Rabu, 24 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)– Menanggapi maraknya aduan masyarakat mengenai kasus penagihan yang tidak sesuai aturan, pengaktifan sepihak dan penyalahgunaan akun SPaylater oleh orang lain, Puteri ...
Berita

Sah, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Presiden-Wapres Terpilih 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --KPU RI akhirnya resmi menetapkan, Capres-Cawapres 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden-wakil presiden terpilih Pilpres 2024. Penetapan tersebut ...