Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 07 Agu 2019 - 17:05:00 WIB
Bagikan Berita ini :

PPP: Perolehan Suara Kedua Bukan Patokan Dapat Kursi Ketua MPR

tscom_news_photo_1565172300.jpg
Sekretaris Jenderal DPP PPP Arsul Sani (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Sekretaris Jenderal DPP PPP Arsul Sani mengatakan perolehan suara kedua di Pemilu 2019 bukan patokan untuk mendapat kursi Ketua MPR.

"Kalau perolehan kursi di Pemilu 2019 yang nomor dua itu Golkar, bukan Gerindra. Kalau perolehan suara, itu Gerindra. Sedangkan di DPR itu boleh dibilang segala sesuatunya ditentukan oleh kursi, bukan berdasarkan suara," kata Arsul di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (7/8/2019).

Arsul mengatakan itu menanggapi keinginan Partai Gerindra mendapat kursi Ketua MPR karena meraih suara kedua di Pemilu Legislatif (Pileg) 2019.

Meski demikian, Arsul membantah bahwa dirinya tidak setuju jika Gerindra meraih kursi Ketua MPR. Dia hanya merujuk kepada UU nomor 2 tahun 2018 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3), yang menyatakan bahwa pemilihan Pimpinan MPR berdasarkan sistem paket.

Apabila berdasarkan sistem paket, lanjut dia, maka bisa saja jabatan Ketua MPR berasal dari partai yang perolehan kursinya sedikit seperti PPP.

"MPR RI itu menggunakan sistem paket, bisa saja dari yang kecil seperti PPP yang menjadi Ketua MPR. Kalau itu disepekati," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan sangat wajar kalau partainya memperoleh posisi kursi Ketua MPR RI karena secara elektoral menempati urutan kedua di Pemilu 2019.

"Saya kira wajar (Gerindra menginginkan kursi Ketua MPR RI) karena secara perolehan suara partai populer kedua terbesar di Pemilu 2019," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (5/8/2019).(plt)

tag: #mpr  #partai-gerindra  #ppp  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Tim Hukum Ganjar-Mahfud Optimis MK Kabulkan Gugatan Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 16 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim hukum capres-cawapres nomor urut 03 Ganjar-Mahfud optimis gugatan perselisihan hasil Pemilu 2024 dikabulkan Mahkamah Konstitusi (MK). Hal itu diwakilkan salah satu ...
Berita

Ketua Fraksi PKS Soal Serangan Iran: Israel Biang Kerok Konflik dan Instabilitas Dunia

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyesalkan eskalasi konflik Timur Tengah yang memanas akibat serangan drone-drone dan rudal balistik Iran ke wilayah (pendudukan) Israel. ...