Sambung Rasa

Oleh M Rizal Fadillah (Pengamat Politik) pada hari Sabtu, 10 Agu 2019 - 12:21:43 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1565414503.jpg

Wukuf di Arafah 9 Dzulhijjah. (Sumber foto : Ist)

Hari ini umat Islam yang beriman melaksanakan shaum arafah. Waktunya berkaitan dengan jama"ah haji yang melaksanakan wukuf di Arafah tanggal 9 Dzulhijjah. Ada sambungan ibadah satu dengan yang lain serupa dengan saat jama"ah haji esoknya memotong hadyu di hari nahar, maka umat Islam yang tidak berhaji menyembelih hewan qurban. Sambung ibadah sambung rasa. Universalitas ibadah haji terasa bagi seluruh umat Islam di dunia.

Shaum arafah sesuai hadits Muslim memberi manfaat bagi diri yang melaksanakannya berupa ampunan dosa satu tahun sebelum dan sesudahnya. Ampunan dosa adalah anugerah Allah SWT. Betapa Maha Pemurah dan Pengasihnya Allah SWT yang dengan banyak jalan memberikan ampunan dosa kepada hamba hamba-Nya. Dari shaum ramadhan, dari shadaqah, dari umroh, dari lafadz istighfar dan dari ibadah lainya termasuk dari shaum arafah ini. Hamba yang sadar dan memiliki keimanan tentu tidak menyia nyiakan momentum sebaik ini. 

Ampunan Allah SWT dibutuhkan oleh kita karena modal semata amal sholeh belum tentu mampu menyelamatkan karena dibalik amal shaleh selalu saja diikuti dengan amal salah.  Shodaqah yang bagus ditumpangi sikap ujub dan riya. Sholat yang juga wujud dari ketaatan kadang "sahun" tidak khusyu. Begitu juga dengan berhaji yang menjadi jalan menuju surga kadang dibumbui kepentingan kepentingan duniawi atau melaksanakan tidak sesuai dengan tuntunan Nabi. Amal salah selalu mengintai. Nah jika andalan hanya pada amal semata maka cukup berat bagi kita untuk selamat. 

Ada dua hal yang sangat membantu untuk menjamin keselamatan hidup di dunia dan diakherat itu yakni Rahmat Allah dan Maghfirah Allah.  Maghfirah atau ampunan Allah SWT ini bisa juga dikatakan sebagai wujud dari Rahmat Allah. Hamba yang diampuni dosa dosanya adalah bagai Nabi Adam As yang berasal dari Surga kembali ke Surga meski telah berdosa. Allah ampuni segala kesalahan dan dosanya.

Semoga Allah SWT mengampuni dosa umat Islam yang hari ini menjalankan shaum arafah. Tak ada kepastian jaminan selain jaminan Allah SWT yang diucapkan Rosul-Nya.
"shiyamu yaumi arafah ahtasibu "alallahu an yukaffiros sannata allati qablahu was sannata ba"dahu"--Shaum hari arafah diharapkan Allah menjadi penghapus dosa satu tahun sebelumnya dan satu tahun setelahnya (HR Muslim). 

10 Agustus 2019/9 Dzulhijjah 1440 H (*)

Disclaimer : Kanal opini adalah media warga. Setiap opini di kanal ini menjadi tanggung jawab penulis. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai aturan pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini dan Redaksi akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang.

tag: #  

Bagikan Berita ini :