Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 13 Agu 2019 - 15:55:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Jenderal Andika: TNI AD Putuskan Pertahankan Enzo Allie

tscom_news_photo_1565684713.jpg
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa didampingi jajaran TNI AD menggelar konferensi pers mengenai Enzo Zenz Allie di Mabesad, Jakarta, Selasa (13/8/2019) (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --TNI Angkatan Darat (AD) menegaskan, bahwa tarunanya Enzo Zenz Allie akan tetap melanjutkan pendidikan di Akademi Militer (Akmil) TNI 2019.

Pemuda keturunan Prancis ini dinilai layak melanjutkan pendidikan di Akmil berdasarkan seleksi dan penilaian yang telah dilakukan TNI AD.

"Hasilnya dianalisis pada hari Senin kemarin, dan kesimpulannya Enzo Zenz Allie dilihat dari indeks moderasi bernegara, kalau dikonversi menjadi persentase memiliki nilai 84% atau 5,9 dari maksimum 7. Jadi indeks moderasi beragamanya cukup bagus," kata Kepala Staf TNI AD (KSAD), Jenderal Andika Perkasa, di Markas Besar TNI AD, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2019).

Melihat hasil tersebut, lanjut dia, TNI AD memutuskan untuk mempertahankannya sebagai taruna Akmil. Penilaian itu dilakukan tidak hanya terhadap sosok Enzo, tetapi juga terhadap beberapa taruna lainnya.

"Oleh karena itu, Angkatan Darat memutuskan untuk mempertahankan Enzo Zenz Allie dan semua taruna Akademi Militer yang kami terima beberapa waktu lalu sejumlah 364," tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Sisriadi menyebut setiap taruna Akmil yang hendak mendaftar harus melaui serangkaian seleksi, salah satunya mental ideologi.

Sisriadi menjelaskan, setiap taruna akmil harus melalui berbagai tes mulai tes fisik, psikis, intelegensi, dan idiologi. Dalam melakukan tes idiologi, setiap satu taruna melaui tes langsung maupun tidak langsung.

"Penelusuran mental ideologi itu yang paling penting. Ini karena TNI tidak ingin kemasukan orang orang yang tidak Pancasilais. Mental ideologi kiri seperti PKI atau komunis, mental ideologi kanan seperti HTI atau ultraliberalis seperti Hitler, tiga ideologi itu kita saring jangan sampai masuk ke Akmil," ujar Sisriadi.

Sebelumnya, Enzo Zenz Allie sempat menarik perhatian publik. Berawal dari video viral saat dirinya berbincang dengan Panglima TNI Masekal Hadi Tjahjanto dengan bahasa Prancis.Sosok Enzo menjadi polemik setelah fotonya membawa bendera Tauhid bereda di media sosial. Bahkan beredar isu Enzo diduga simpatisan Hizbut Tahrir Indonesia. (Alf)

tag: #tni  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...