Berita
Oleh ferdiansyah pada hari Rabu, 14 Agu 2019 - 16:06:57 WIB
Bagikan Berita ini :

Pengamat: Negara Perlu GBHN untuk Tentukan Arah Bangsa

tscom_news_photo_1565773617.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--
Pengamat politik dari Political and Public Policy Studies, Jerry Massie menilai Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) penting untuk menentukan arah bangsa Indonesia.

"GBHN penting untuk sebagai standar sebuah bangsa. Sikap nasionalis sekarang mulai terkikis dengan budaya intoleransi dan radikalisme. Dengan masuknya budaya asing, maka budaya kita sepertinya mulai tenggelam. Negara perlu GBHN yang menentukan arah bangsa ini," kata Jerry, di Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Jerry mengatakan hal itu menanggapi wacana amandemen UUD 1945 yang terbatas pada pembahasan Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN).

Dalam Kongres V di Bali, pekan lalu, PDI Perjuangan merekomendasikan agar MPR kembali diberikan kewenangan menetapkan GBHN.

"Ini ide yang baik dan saya sangat nilai akan baik bagi bangsa. Memang sejak GBHN dibekukan sampai pelajaran Pendidikan Moral Pancasila maka ada sedikit pergeseran di bangsa ini," kata Jerry.

Menurut dia, hilangnya GBHN ini membuat kekuatan berpijak masyarakat Indonesia mulai lemah. Sebab, GBHN berfungsi sebagai tata cara, perilaku, cara bertindak dan cara pemersatu di dalam pembangunan nasional tanpa lagi melihat perbedaan suku, agama dan ras.

Selain itu, GBHN merupakan landasan penting untuk menentukan arah dan tujuan yang tepat sasaran. Yaitu mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih demokratif, saling melindungi dan membela hak asasi manusia selama tidak merugikan pihak lain.

"GBHN bukan hasil politis atau rekayasa politis tapi didirikan oleh founding father kita," tuturnya.

Pemerintah tidak memberlakukan lagi GBHN sebagai penentu arah negara, dan sebagai gantinya menerbitkan UU No 25/2004 yang mengatur tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto sebelumnya mengatakan, dengan adanya GBHN maka semuanya dibimbing oleh sebuah arah. Yakni bagaimana bangsa Indonesia maju dan dapat menjadi pemimpin di antara bangsa-bangsa maju.(plt)

tag: #mpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...