Bisnis
Oleh pamudji pada hari Kamis, 15 Agu 2019 - 16:11:35 WIB
Bagikan Berita ini :

Mobil Listrik Bakal Kurangi Konsumsi BBM, Cemas kah Pertamina?

tscom_news_photo_1565860295.jpg
Mobil listrik (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Jika sukses, maka program mobil listrik berpotensi mengurangi konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM). PT Pertamina(Persero) pun mewaspadai potensi tersebut.

"Dalam situasi disrupsi ini Pertamina tetap waspada," ungkap Direktur Pemasaran Retail Pertamina Mas"ud Khamid, di Jakarta, Kamis (15/9/2019).

Mas"ud menyebut fenomena di China sebagai contoh dampak mobil listrik terhadap konsumsi BBM. Penjualan minyak di Negeri Tirai Bambu tersebut stagnan beberapa waktu terakhir akibat mobil listrik.

"Tren di China luar biasa dahsyatnya, bahkan penjualan minyak di sana tidak tumbuh," ucap Mas"ud.

Saat ini jumlah kendaraan listrik di China tercatat sebanyak 2,7 juta unit. Mas"ud memperkirakan jumlahnya akan terus meningkat dalam waktu mendatang.

"Trennya terus naik dari 4,7 juta unit kendaraan listrik di dunia, China sekitar 2,7 juta unit. China dengan Indonesia tidak jauh," jelasnya.

Oleh karena itu, Pertamina tak menutup kemungkinan untuk memperbanyak Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU). Dengan demikian, perusahaan memiliki beberapa sumber pemasukan.

"Kami tergantung regulasi, kami kan punya SPLU di Kuningan," katanya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendukung pengembangan mobil listrik di dalam negeri. Beberapa waktu lalu, Presiden sudah menandatangani peraturan presiden (perpres) tentang percepatan pengembangan kendaraan bermotor listrik (mobil listrik).

Dengan beleid itu,Jokowi mengatakan pemerintah ingin mendorong industri otomotif, dengan membangun industri mobil listrik di Indonesia.

"Kami ingin mendorong agar industri otomotif mau segera merancang, mempersiapkan untuk, ya membangun industri mobil listrik di Indonesia," ujarnya. (plt)

tag: #listrik  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement