Berita
Oleh ferdiansyah pada hari Jumat, 23 Agu 2019 - 22:05:39 WIB
Bagikan Berita ini :

Emil Salim: Kalau Referendum, Pindah Ibu Kota Jadi Masalah Politis

tscom_news_photo_1566572739.jpeg
Guru Besar UI Prof.DR. Emil Salim (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Ekonom senior Prof.DR.Emil Salim menilai rencana pemindahan ibu kota tidak perlu melalui referendum. Di sisi lain, Guru Besar UI itu menyarankan agar Presiden Joko Widodo mendapat masukan rasional terkait rencana tersebut.

"Tidak usah menggunakan referendum, yang penting bagaimana Presiden Joko Widodo mendapatkan masukan yang lebih rasional. Tidak perlu menggunakan referendum," ujar Emil di Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Dia mengkhawatirkan jika referendum terkait rencana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan dilakukan maka akan menjadi masalah politis.

Alangkah baiknya semua pihak melakukan kajian lebih dalam dan jernih terkait rencana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan, ketimbang mengusulkan referendum.

Sebelumnya Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengusulkan perlu digelar referendum terkait rencana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan. Upaya ini dilakukan agar ada pendapat dari masyarakat.

Hal senada juga disuarakan oleh Sandiaga Uno. Menurut dia, referendum perlu dilakukan mengingat masalah tersebut merupakan masalah strategis dan perlu melibatkan masyarakat.(plt)

tag: #pemindahan-ibu-kota  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement