Bisnis
Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 27 Agu 2019 - 14:17:06 WIB
Bagikan Berita ini :
Dukung Pemerintah

Golkar: Pemindahan Ibu Kota Tumbuhkan Sentra Ekonomi Baru

tscom_news_photo_1566890226.jpg
Ibu Kota Jakarta (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Ketua Pemenangan Pemilu Sumatra IV Partai Golkar Bobby Adhityo Rizaldi mengatakan, partainya mendukung penuh keputusan Presiden Joko Widodo untuk pemindahan ibu kota dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur.

Bobby juga menyampaikan pemindahan ibu kota tersebut adalah salah satu cara untuk menumbuhkan sentra ekonomi baru sehingga tak lagi Jawa sentris.

"Kaltim infrastruktur pendukungnya relatif paling mudah dikembangkan dari kandidat yang lain," kata Bobby di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (27/8/2019).

Anggota Komisi I DPR RI ini pun mencontohkan negara Afrika yang membagi tiga wilayah Praetoria untuk wilayah eksekutif, Capetown untuk wilayah Legislatif dan Bloemfontain untuk wilayah Yudikatif.

"Pemindahan ibu kota juga sudah banyak contoh Turki, Kazakstan, Australia, Russia dan banyak lagi. Tapi perlu juga di antisipasi pemindahan ibu kota yang kurang berhasil seperti di Myanmar," tegasnya.

Tapi, lanjut dia, jangan karena ada contoh yang tidak banyak, gagal, membuat banyak pihak takut untuk pindah ibu kota.

"Prosesnya juga masih panjang, termasuk bagaimana pembiayaan, bagaimana telaah lanjut soal keamanan dari invasi luar negeri. Utamanya niat ini harus didukung, bukan hanya semata kekhawatiran-kekhawtiran yang tidak rasional atau asbun," tegasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menetapkan sebagian wilayah Penajam Paser Utara dan sebagian Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur sebagai ibu kota baru Republik Indonesia, Senin 26 Agustus lalu. (ahm)

tag: #pemindahan-ibu-kota  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement