Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Senin, 02 Sep 2019 - 19:35:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Kominfo Masih Blokir Akses Internet di Papua

tscom_news_photo_1567426892.jpg
Ilustrasi kerusuhan di Jayapura, Papua, Kamis (29/8/2019) kemarin. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo)masih memblokir akses internetdi Papua dan Papua Baratmelalui layanan operator seluler.

Plt Biro Humas Kemenkominfo, Ferdinandus Setu mengatakan pemblokiran akses internet masih akan berlangsung hingga situasi dan kondisi Papua benar-benar normal.

Namun, dia memastikan, warga di Papuadan Papua Barattidak lama lagiakan kembali bisa menikmati internet.

Dia mengaku, pemerintahdan operator seluler tengah merencanakan pembukaan pemblokiran akses internet di sana.

Ferdinandus mengatakan, persoalan tersebut menjadi agenda pembahasan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantaradalam rapat Senin (2/9/2019).

"Tadi pagi Pak Menteri memimpin rapat dengan para operator seluler, Telkomsel, Telkom, XL, dan Indosat untuk dilakukan pembukaan pemblokiran. Di sana juga ada perwakilan dari aparat keamanan," ujarnya saat dihubungi.

Hasilnya, seperti disampaikan Ferdinandus, pembukaan pemblokiran akses internet di Bumi Cenderawasih itu akan dilakukan secara bertahap. Keputusan akses ke dunia maya yang tidak dilakukan secara serentak ini akan melihat faktor kondisi di lapangan.

"Jadi, tergantung kondusifitas dan stabilitas di wilayah kota atau kabupaten tersebut. Dan, penilaian ini dengan koordinasi Menkominfo dengan penegak hukum dan pihak keamanan," tuturnya.

Ketika ditanya lebih lanjut kapan proses pembukaan gerbang internet ini untuk warga di Papua dan Papua Barat mulai dilakukan, Ferdinandus mengaku belum bisa mengungkap detailnya.

Sekedar informasi, pemerintah pertama kali melakukan pembatasan layanan internet di wilayah Papua dan Papua Barat ini sejak Senin (19/8). Namun pada Rabu (21/8) pemerintah meningkatkannya jadi pemblokiran akses di wilayah tersebut. Warga di sana hanya bisa menikmati layanan telekomunikasi telepon dan SMS saja. (Alf)

tag: #papua  #kemenkominfo  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...