Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 03 Sep 2019 - 12:49:18 WIB
Bagikan Berita ini :

Fadli Zon: Pindah Ibu Kota Jangan Hanya Menjadi Keinginan Jokowi

tscom_news_photo_1567489758.jpeg
Wakil Ketua DPR Fadli Zon (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengritik rencana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Jangan sampai pemindahan ibu kota hanya menjadi keinginan Presiden Jokowi tanpa mendengar aspirasi rakyat.

"Jadi jangan itu hanya keinginan presiden sendiri atau keinginan kelompok, tapi keinginan dan kebutuhan seluruh masyarakat Indonesia," kata Fadli dalam seminar pemindahan ibu kota di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (3/9/2019).

Fadli juga menilai pemindahan ibu kota bukan hanya membutuhkan waktu yang panjang melainkan harus mempuyai payung hukum.

"Karena ada setidaknya lima UU yang harus direvisi," kata dia.

Meskipun, kata politikus Gerindra ini, pemindahan ibu kota banyak dilakukan oleh negara-negara lain, tapi ada syarat penting. Yaitu harus dalam keadaan ekonomi baik, kemiskinan dan pengangguran diatasi.

"Sekarang kita lihat utang luar negeri besar, persoalan pangan dan energi, jadi masih ada persoalan dasar. Lalu tiba-tiba memindahkan ibu kota dengan biaya besar. Ini juga belum ada di APBN lantas siapa yang membiayai pemindahan ibu kota ini? Tentu menimbulkan kekhawatiran," kata dia.

Dirinya khawatir rencana pemindahan ibu kota hanya dalih karena ketidak mampuan mengatasi persoalan yang ada.

"Saya termasuk yang merasakan kalau dilakukan di 2023-2024 akan bernasib sama seperti Esemka. Karena Esemka itu causa pertama. Jadi saya kira akan bernasib sama kurang lebih," tegasnya.(plt)

tag: #pemindahan-ibu-kota  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...