MUdahkan Para Pengambil Kebijakan

Kemenkeu Rilis Aplikasi BAS Mobile Online

Oleh Ahmad Syaikh pada hari Kamis, 12 Sep 2019 - 14:53:35 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1568274815.jpg

Sri Mulyani (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Kementerian Keuangan meluncurkan aplikasi transasksi keuangan bernama Bagan Akun Standar (BAS) Mobile Online. BAS Mobile Online ini diperuntukan sebagai pedoman dalam perencanaan, penganggaran, pelaksanaan anggaran, dan pelaporan keuangan pemerintah.

“Ini artinya seluruh data dan informasi terkait keuangan negara bisa diakses secara real time atau langsung,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Gedung Dhanapala, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Sri juga mengatakan aplikasi tersebut akan sangat bermanfaat dan membantu para pengambil kebijakan terutama dalam memantau penggunaan keuangan negara.

Sejurus kemudian, Sri juga menyebutkan alas an dirilisnya aplikasi tersebut, menurutnya aplikasi BAS Mobil Online hadir lantaran banyak dari para pengambil kebijakan yang tidak mau melihat data keuangan negara yang telah tersedia pada situs resmi Kemenkeu dalam mencari tahu besaran alokasi anggaran.

“Kami memiliki semua data itu dan kami upload di laporan pemerintah pusat namun orang-orangnya riweh saja karena biasanya maunya lewat WA,” tegasnya.

Hal tersebut, lanjut Sri lagi, dikarenakan berbagai data yang terdapat di dalam situs resmi tidak bisa diunduh dan digunakan dengan mobile phone.

“Banyak yang tanya ke saya, berapa anggaran untuk daerah. Mereka bertanya lewat WhatsApp karena budayanya seperti itu, enggak mau yang rumit,” jelas Sri.

Untuk itu, Sri Mulyani menuturkan dia meminta kepada jajarannya untuk terus berinovasi agar data yang besar dan rumit tersebut bisa mudah diakses, digunakan, serta diunduh melalui mobile phone.

Dia berharap adanya BAS Mobile Online akan memudahkan para pejabat mengakses berbagai data laporan keuangan.

“Mereka cukup mengakses melalui aplikasi tersebut,” pungkasnya. (ahm)

tag: #sri-mulyani  

Bagikan Berita ini :