Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Senin, 23 Sep 2019 - 12:15:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Demo Mahasiswa di Jayapura Papua Pecah, Aparat Blokade Jalan

tscom_news_photo_1569214746.jpg
Ilustrasi kerusuhan papua (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Demonstrasi sejumlah kelompok mahasiswa terjadi di distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua,Senin (23/9). Aparat keamanan mengendalikan demonstrasi dengan menutup jalan penghubung antara Abepura-Padang Bulan.

Blokade jalan dilakukan aparat dengan melintangi jalan provinsi tersebut dengan truk dan mobil aparat. Dampak blokade, lalu lintas yang menghubungkan kota dan kabupaten Jayapura lumpuh total.

Dilansir dariAntara, aparat keamanan dari Polres Jayapura Kota dibantu Brimob Nusantara nampak sedang bersiaga di depan kampus Universitas Cendrawasih,Abepura, titik konsentrasi massa.

Terlihat juga sejumlah personel kepolisian sedang bernegosiasi dengan kelompok mahasiswa yang diduga eksodus dari sejumlah kota studi luar Papua yang menduduki halaman kampus.

Sementara itu, aktivitas di sepanjang Jalan Raya Abepura-Padang Bulan hingga kearah Mako Brimob Kotaraja nampak lengang.

Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano dan Wakapolda Papua Brigjen Yakobus Marjuki terlihat memantau situasi di sekitaran Abepura. Aktivitas sejumlah perkantoran milik pemerintah dan swasta juga nampak sepi, warga yang biasanya berbelanja di pusat perbelanjaan tidak terlihat ramai.

Demonstrasi tersebut diketahui terjadi selang sehari dari klaim kepolisian yang menyebut kota Jayapura sudah kondusif.

Sejak Minggu (22/9) pagi hingga malam, personel polisi dari Brimob bantuan dari Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Polsek Jayapura Selatan mengelar patroli dan lakukan pengamanan sejumlah rumah ibadah yang ada di Kota Jayapura.

"Saat ini kondisi kota Jayapura sudah aman dan kondusif namun kami pihak Kepolisian terus berupaya untuk menjamin keamanan warga Kota Jayapura," kata dia, kemarin.Kabid Humas Polda Papua, Komisaris Besar Ahmad MustofaKamal menyebut situasi di Jayapura berangsur kondusif.

Sementara itu, buntut dari demonstrasi para mahasiswa, sejumlah sekolah dasar, menengah hingga tinggi di sekitar Kota Jayapura memilih meliburkan sekolah.

"Pulang lebih cepat karena adanya aksi demo," kata Agustina, seorang guru Sekolah Dasar di Distrik Abepura, Kota Jayapura.

Ia menambahkan, sekolah memutuskan memulangkan pelajar lebih awal demi keamanan. (Alf)

tag: #papua  #tnipolri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...
Berita

Bamsoet Apresiasi KPU dan Dukung Penetapan Prabowo - Gibran Sebagai Presiden dan Wapres RI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi kerja keras komisi Pemilihan Umum (KPU) serta mendukung penetapan Komisi Pemilihan ...