Berita
Oleh ferdiansyah pada hari Kamis, 26 Sep 2019 - 10:04:45 WIB
Bagikan Berita ini :

Pilkada Surakarta, Golkar Akui Incar Putra Jokowi

tscom_news_photo_1569467085.jpeg
Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka (Sumber foto : ist)

SEMARANG (TEROPONGSENAYAN)--Partai Golkar secara blak-blakan menyatakan, mengincar putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wali kota Surakarta periode 2021—2025.

"Walau Partai Golkar di DPRD Kota Surakarta tidak bisa mengusung sendiri pasangan calon, ada peluang untuk berkoalisi dengan partai lain," kata Iqbal Wibisono, Ketua Harian DPD I Partai Golkar Provinsi Jawa Tengah, di Semarang, Kamis (26/9/2019).

Sebelumnya diwartakan, pada Senin (23/9), Gibran menyerahkan berkas pendaftaran anggota PDI Perjuangan di Kantor DPC PDI Perjuangan Surakarta.

Gibran mendaftar menjadi kader PDI Perjuangan sebagai syarat untuk maju sebagai bakal calon Wali Kota Surakarta pada Pilkada Serentak 2020.

Jika melihat peta politik di Solo, lanjut Iqbal, hanya PDI Perjuangan yang bisa mengusung bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota pada pilkada mendatang.

Ia menyebutkan partai berlambang kepala banteng dengan moncong putih ini pada Pemilu 2019 meraih 30 kursi DPRD Kota Surakarta, atau melebihi sembilan kursi sebagai persyaratan untuk bisa mengusung pasangan calon wali kota/wakil wali kota setempat.

Apabila Gibran tidak diusung PDIP sebagai bakal calon wali kota, menurut Iqbal, ada peluang partai lain, termasuk Partai Golkar peraih tiga kursi DPRD, menjadikan putra mantan Wali Kota Surakarta Joko Widodo itu sebagai peserta Pilkada 2020. Hal ini mengingat masih terdapat 15 kursi.

Pada Pemilu Anggota DPRD Kota Surakarta 2019, kata Iqbal, PDIP meraih 30 kursi, PKS lima kursi, Partai Golkar, Partai Gerindra, dan PAN masing-masing tiga kursi, serta PSI satu kursi.(plt/ant)

tag: #pilkada-2020  #partai-golkar  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement