Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 01 Okt 2019 - 22:30:52 WIB
Bagikan Berita ini :

Rapat Konsultasi Sepakati Rancangan Jadwal Acara Sidang Paripurna MPR

42hillary_brigitta_lasut.jpg
Hillary Brigitta Lasut, anggota DPR dari Fraksi Partai Nasdem (Sumber foto : Istimewa)

Rapat Konsultasi Pimpinan Sementara MPR dengan perwakilan fraksi dan kelompok DPD menyepakati rancangan jadwal acara sidang paripurna MPR. Rancangan jadwal acara sidang ini akan dibawa untuk disahkan ke Sidang Paripurna MPR II yang akan berlangsung pada Rabu (2/10).

Rapat konsultasi dipimpin Pimpinan Sementara MPR, Hillary Brigitta Lasut, anggota DPR dari Fraksi Partai Nasdem dari Daerah Pemilihan Sulawesi Utara, di Ruang KK V, Gedung Nusantara Kompleks Parlemen Jakarta, Selasa petang (1/10). Tampak hadir dalam rapat konsultasi ini antara lain Ahmad Basarah (PDI Perjuangan), Idris Laena (Partai Golkar), Ahmad Riza Patria, Supratman Andi Agtas (Partai Gerindra), Syarif Hasan (Partai Demokrat), Tiffatul Sembiring (PKS), Saled Daulay (PAN), Jhoni G Plate (Nasdem), Fadel Muhamamad (DPD).

Usai rapat konsultasi, Hillary Brigitta Lasut menjelaskan raapat konsultasi membahas rancangan jadwal acara tentatif Sidang Paripurna MPR dan rencana pembentukan fraksi-fraksi dan kelompok DPD, penyampaian calon pimpinan MPR dari masing-masing fraksi dan kelompok. "Rapat ini sifatnya konsultasi, jika masih ada perubahan, rancana jadwal acara sidang paripurna MPR masih bisa diubah atau disesuaikan," ujarnya.

Hillary mengaku ada dinamika dalam rapat konsultasi ini. Dinamika itu terkait dengan DPD yang biasanya membutuhkan waktu lama untuk menentukan pimpinan kelompok DPD dan calon pimpinan MPR dari DPD. "Namun ada hasil rapat paripurna DPD yang berhasil memutuskan empat pimpinan DPD. DPD sudah selesai memilih pimpinan DPD sehingga membawa titik terang. Akhirnya rancangan jadwal acara sidang paripurna MPR bisa disepakati perwakilan fraksi dan kelompok DPD," jelasnya.

"Rancangan jadwal acara sidang paripurna MPR ini akan dibawa dalam sidang paripurna MPR besok (Rabu, 2/10) pukul 10.00 WIB," sambungnya. Dalam rapat paripurna MPR pada Rabu (2/10), fraksi-fraksi juga akan diminta mengajukan nama-nama sebagai pimpinan fraksi. Jika tidak ada halangan, kelompok DPD pun seharusnya bisa mengajukan nama untuk pimpinan kelompok DPD.

Menurut Brigitta, rapat konsultasi ini juga sempat membahas nama-nama yang diajukan sebagai pimpinan fraksi di MPR. Namun dia mengelak untuk menyebutkan nama-nama pimpinan fraksi itu. "Sudah ada nama yang terkumpul tapi tidak layak buat saya untuk disampaikan sekarang karena belum disahkan. Jadi, tunggu saja besok di Sidang Paripurna MPR," ujarnya.

Beberapa fraksi, lanjut Brigitta, sudah menyebutkan nama untuk pimpinan fraksi dan pimpinan MPR. "Pada dasarnya fraksi-fraksi sudah menyiapkan nama untuk pimpinan fraksi dan pimpinan MPR. Tiga atau empat fraksi belum menyebutkan nama. Dari DPD rencananya akan memutuskan malam ini nama yang akan diajukan sebagai pimpinan kelompok DPD," tuturnya.

tag: #dpd  #mpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...