Oleh Sahlan Ake pada hari Kamis, 03 Okt 2019 - 20:17:15 WIB
Bagikan Berita ini :

Pakar Politik: Selangkah Lagi, Bamsoet Terpilih jadi Ketua MPR RI

tscom_news_photo_1570108635.jpg
Calon Ketua MPR RI, Bamsoet. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pakar politik dari Universitas Pelita Harapan Jakarta, Emrus Sihombing menyebut selangkah lagi politisi Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) dipastikan akan terpilih menjadi ketua MPR RI periode 2019-2024.

"Dari komunikasi dan lobi politik yang dilakukan Partai Golkar, Bambang Soesatyo diperkirakan mendapat dukungan lebih banyak dari fraksi-fraksi lainnya di MPR RI," kata Emrus Sihombing melalui telepon selulernya di Jakarta, Kamis, (3/10/2019).

Ke-10 nama pimpinan MPR RI yang akan diumumkan pada rapat paripurna pemilihan pimpinan MPR RI pada Kamis malam adalah, Ahmad Basarah dari Fraksi PDI Perjuangan, Bambang Soesatyo (Fraksi Partai Golkar), Ahmad Muzani (Fraksi Partai Gerindra), Lestari Moerdijat (Fraksi Partai Nasdem), Jazilul Fawaid (Fraksi PKB), Syarif Hasan (Fraksi Partai Demokrat), Zulkifli Hasan (Fraksi PAN), Arsul Sani (Fraksi PPP), serta Fadel Muhammad (Kelompok DPD RI).

Menurut Emrus Sihombing, partai-partai politik yang pada pemilu 2019 tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja (KIK) sebagai pendukung pasangan capres-cawapres Joko Widodo-KH Ma"ruf Amin, akan solid mendukung Bambang Soesatyo (Bamsoet) menjadi ketua MPR RI.

Sementara itu, kompetitornya, Ahmad Muzani dari Partai Gerindra tampaknya tidak mendapat banyak dukungan dari fraksi-fraksi lainnya di MPR RI.

Dari pendekatan politik, menurut dia, keunggulan Bambang Soesatyo juga adanya dukungan mesin politik dari Partai Golkar dan adanya kesepakatan antara Bambang Soesatyo dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Doktor Komunikasi Politik lulusan Universitas Pajajaran Bandung ini menjelaskan, Airlangga Hartarto mendukung Bambang Soesatyo menjadi ketua MPR RI yang akan dipilih pada malam ini.

"Dalam politik, dukungan itu tentu ada kesepakatan. Airlangga mengarahkan Partai Golkar dan partai-partai KIK mendukung Bamsoet menjadi ketua MPR RI. Nantinya, Bamsoet akan mendukung Airlangga menjadi ketua umum pada Munas Partai Golkar," katanya.

Hal ini, menurut Emrus, mudah dipahami mengingat dalam politik itu sarat dengan kepentingan, sehingga sah-sah saja jika saling dukung itu sama-sama memiliki kepentingan.

Di sisi lain, Emrus juga melihat Pemerintah akan lebih happy jika Bamsoet yang terpilih menjadi ketua MPR RI, karena selama ini Bamsoet sudah membangun relasi yang baik dengan Pemerintah, terutama Presiden.

Sebelumnya, Bamsoet adalah ketua DPR RI pada 2017-2019 yang telah terjalin hubungan kerja di antara pimpinan lembaga-lembaga tinggi negara.

"Ini menjadi salah satu nilai lebih bagi Bamsoet dalam kompetisi menuju kursi ketua MPR RI," katanya. (Alf)

tag: #bamsoet  #mpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Di Akhir Periode Kepengurusan PIA DPR Tetap Jalankan Komitmen Berbagi Pada Sesama

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Sebagai bentuk komitmen untuk selalu berbagi berkah, di bulan suci Ramadhan kali ini Persaudaraan Isteri Anggota (PIA) DPR RI tetap menggelar pemberian Paket sembako bagi ...
Berita

Buka Puasa Bersama Komunitas Morgan Sports Club, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Tingkatkan Solidaritas Kebangsaan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Ketua Dewan Pembina komunitas otomotif mobil klasik asal Inggris Morgan Sports Car Club Indonesia (MSCCI) dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia ...