Oleh Ferdiansyah pada hari Kamis, 10 Okt 2019 - 13:20:54 WIB
Bagikan Berita ini :

Soal Politikus PDIP Arteria Dahlan Tunjuk-tunjuk Profesor Emil, Begini Kata Dokter Jiwa

tscom_news_photo_1570688454.jpg
Professor Emil Salim Gebrak Meja Saat Arteria Dahlan Kerap Bantah dan Tunjuk-tunjuk Wajahnya di sebuah stasiun televisi. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Politikus PDIP Arteria Dahlan menjadi trending di media sosial saat episode debat terkait Perppu KPK dengan ekonom Emil Salim viral. Arteria terlihat mengomel, menunjuk-nunjuk dan menyebut Emil sesat.

Arteria Dahlan cukup sering terlihat emosi hingga lepas kendali di depan publik. Soal kaitannya dengan masalah kejiwaan, dr I Gusti Rai Putra Wiguna, SpKJ, psikiater dari Sudirman Medical Centre Bali, menyebut belum tentu ada kecenderungan ke arah itu.

dr Rai, sapaannya, menyebut harus melihat lebih jauh apakah memang Arteria sering melakukan hal tersebut, misalnya marah-marah di depan publik. Karena marah yang sering bisa menjadi salah satu gejala dari pengidap gangguan depresi, gangguan bipolar atau penyalahgunaan NAPZA.

"Marah yang terlalu hebat dan sering muncul tentu sangat mengganggu sehingga perlu mengikuti anger management. Perlu berkonsultasi pada psikiater atau psikolog klinis. Untuk mempercepat pemulihan. Tapi jangan stigma wah ini gangguan jiwa nih, kita ke psikiater atau psikolog bukan semata-mata untuk gangguan jiwa tapi untuk memperbaiki kapasitas diri kita," tuturnya saat dihubungi detikcom, Kamis (10/10/2019).

Marah, ia melanjutkan, sebenarnya adalah adalah ekspresi emosi sekunder, ekspresi emosi primer. Rasa yang sesungguhnya bisa macam-macam, seperti rasa kecewa, malu, sedih frustasi, tak nyaman, tidak dihargai, kesepian, rasa jijik, perasaan tidak aman (insecure), penolakan, merasa terjebak, rasa tidak dihargai, rasa takut, dan lain-lain.

Hormon stres yang timbul akibat marah yang terlalu sering bisa menyebabkan sel-sel saraf rusak di bagian tertentu, misalnya prefrontal cortex, yang membuat orang marah cenderung membuat keputusan buruk. Kemudian juga mempengaruhi area yang mengatur memori atau hippocampus, sehingga kerap kita melupakan apa yang kita katakan saat marah.

"Nah kalau kemudian kita yang menonton melihat dia yang aslinya seperti tidak bisa mengendalikan sendiri dalam ilmu kejiwaan hal itu bisa dijelaskan, jadi kita nggak punya kendali soal diri kita. Itulah penjelasannya kenapa kalau kita marah jadi lost control," pungkasnya. (Alf)

tag: #dpr  #pdip  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...