Oleh Ferdiansyah pada hari Jumat, 25 Okt 2019 - 00:11:10 WIB
Bagikan Berita ini :

Sekjen Hasto Bantah ST Burhanuddin Usulan PDI-P Jadi Jaksa Agung

tscom_news_photo_1571937070.jpg
Sekjen PDI-P Hasto Kritiyanto dan Moeldoko (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI-PHasto Kristiyanto membantah tudingan yang menyebut Jaksa Agung ST Burhanuddin diusulkan parpolnya kepada Presiden Jokowi.

Hasto menegaskan, Burhanuddin merupakan pilihan dari Jokowi sendirimeski mantan Jaksa Agung Muda bidang Tata Usaha Negara itu adalah adik kandung dari politikus PDI-P, TB Hasanuddin.

"Cukup ya, itu di-endorseoleh Pak Jokowi, karena Pak Jokowi yang memutuskan," kata Hasto di Kediaman Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (24/10/2019).

Hasto kemudian malah menceritakan perjalanan partainya yang memiliki pengalaman sejarah menjadi korban penyalahgunaan kekuasaan saat di zaman Orde Baru lalu.

Belajar dari pengalaman itu, Hasto menekankan PDIP berprinsip selalu berjuang agar hukum hanya untuk menegakkan keadilan, bukan untuk kepentingan pribadi atau kelompok.

"Kami menjadi bagian dari pejuang yang menggunakan hukum sebagai alat menegakkan keadilan," kata dia.

Terpisah, ST Burhanuddin juga membantah dirinya diangkat sebagai Jaksa Agung oleh Jokowi karena terafiliasi dengan PDI-P.

Burhanuddin menyebut dirinya berasal dari kalangan profesional, bukan kader partai politik.Selain itu, Hasto menyarankan agar publik menilai integritas seorang pejabat publik seperti jaksa agung dari kinerja dan keputusannya kelak.

"Enggak ada (titipan PDIP), saya diambil profesional, sama sekali tidak," kata Burhanuddin di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis, (24/10/2019)

Burhanuddin menegaskan bukan anggota PDIP ataupun partai politik lainnya. Ia juga tak memiliki kartu anggota dari partai manapun.

Sebelum jadi orang nomor satu di Korps Adhyaksa, Burhanuddin terakhir menjabat sebagai Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara lalu pensiun sejak 2014 lalu.

Burhanuddin mengakui dirinya adalah adik dari politikus PDIP TB Hasanuddin. Namun, posisi kakaknya di partai besutan Megawati Soekarnoputri itu tak terkait dengan pengangkatannya sebagai jaksa agung.

"Apakah misalnya kakak saya tokoh PDIP apakah saya tidak boleh? Jangan terus bapak saya tokoh PDI-P kemudian hak keperdataan saya hilang," tuturnya. (Alf)

tag: #pdip  #jokowi  #jaksa-agung  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement