Oleh Mandra Pradipta pada hari Selasa, 29 Okt 2019 - 12:30:46 WIB
Bagikan Berita ini :

Idham Azis Dianggap Calon Kapolri yang Mumpuni

tscom_news_photo_1572327046.jpg
Komjen Pol Idham Azis (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI telah menerima Surat dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang berisi tentang usulan nama Komisaris Jenderal (Komjen) Idham Azis sebagai calon tunggal Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) yang baru menggantikan eks Kapolri Jenderal (Purn) Tito Karnavian.

Surat Presiden yang meminta persetujuan terhadap rencana pengangkatan Idham Azis telah diterima oleh DPR RI pada 22 Oktober 2019 yang lalu.

Menanggapi pencalonan Kapolri baru itu, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menyampaikan, Idham Azis memiliki kapabilitas mumpuni untuk menjabat sebagai Kapolri.

Namun demikian, sambung Dasco, hal itu merupakan pendapatnya secara pribadi dan bukan sebagai pandangan dari Parlemen secara kelembagaan.

"Saya enggak bisa mewakili seluruh DPR. Tapi kalau menurut saya sosok Pak Idham Azis itu saya pikir dari segi kapasitas, angkatan, hasil kerja, menurut saya sudah memenuhi kapasitas sebagai calon seorang Kapolri," kata Dasco di Jakarta, Selasa (29/10/2019).

Dasco mengungkapkan, hingga kini Anggota Dewan belum ada yang menolak usulan tersebut.

"Apabila tidak ada satu dan lain hal di luar DPR, kemungkinan besar kawan-kawan ya sampai saat ini saya belum melihat adanya penolakan pada sosok yang dikirim oleh Presiden tersebut," tutur Dasco.

Legislator Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini lebih lanjut menjelaskan, uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test (F&P) terhadap Idham akan dilakukan usai susunan Pimpinan dan Anggota Komisi III DPR RI telah secara resmi disahkan.

"Nanti kawan-kawan di Komisi III DPR sudah mempelajari rekam jejak. Kemudian, sudah mempelajari apa yang sudah dilakukan dan juga sudah mempelajari masalah-masalah apa yang akan dihadapi Kapolri baru. Saya pikir tidak akan keluar dari situ F&P yang dilakukan oleh teman-teman di Komisi III," tandas Dasco. (Alf)

tag: #dpr  #polri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement