Oleh Syamsul Bachtiyar pada hari Selasa, 19 Nov 2019 - 11:25:43 WIB
Bagikan Berita ini :

Ekonom Respons Positif Langkah 'Radikal' Erick Benahi BUMN

tscom_news_photo_1574137543.jpg
Ekonom Bhima Yudhistira (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Langkah "radikal" Menteri BUMN Erick Thohir yang mengganti seluruh pejabat Eselon I Kementerian BUMN mendapat respons positif dari kalangan ekonom. Langkah Erick dinilai menjadi sinyal bahwa kementerian BUMN dikelola lebih profesional, kuat, dan lincah.

"Ya ini bagian dari bersih-bersih rezim BUMN lama karena dianggap lemah dalam pengawasan BUMN sehingga marak kasus korupsi," kata Bhima Yudhistira, Ekonom Indef, Senin (18/11/2019).

Bhima Yudhistira menilai langkah Erick ini jadi bagian dari penguatan sejumlah sektor yang selama ini masih belum efektif mendapat penguatan dan penyegaran. Dia optimistis perombakan yang dilakukan Erick akan menuju penguatan pengawasan dan efektivitas organisasi yang profesional.

Tak hanya soal profesionalisme, kebijakan penyegaran juga membawa harapan baru tentang kinerja sejumlah BUMN serta relasinya dengan sektor swasta. Menurut Bhima, sudah saatnya BUMN semakin bersinergi dengan sektor swasta yang selama ini justru banyak yang kurang dilibatkan.

Dengan perubahan ini diharapkan sejumlah sektor yang tingkat optimalitasnya masih belum maksimal bisa menampakkan peningkatan. "Kemudian kinerja jug banyak yang belum memuaskan seperti proyek infrastruktur yang utilitasnya rendah dan kurang libatkan swasta, itu yang coba dirombak," lanjut Bhima.

Masuknya Erick yang memiliki latar belakang di sektor swasta diharap mampu membawa semangat sinergi dengan berbagai pihak. Di sisi lain, jam terbang dan profesionalisme Erick selama menjalani bisnis diharap bisa ditularkan ke BUMN sehingga BUMN yang selama ini kerap mendapat kritik, bisa terus meningkatkan performanya untuk mencapai target sebagai lokomotif perekonomian Indonesia yang unggul.

"Memutus rantai salah urus BUMN," ungkap ekonom muda tersebut.(dbs)

tag: #menteri-bumn  #bumn  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement