Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 20 Nov 2019 - 11:17:10 WIB
Bagikan Berita ini :
Tolak Sertifikat Nikah

PAN: Lebih Banyak Mudharatnya Ketimbang Manfaatnya

tscom_news_photo_1574223430.jpeg
Pernikahan (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto menilai rencana pasangan calon pengantin untuk mengikuti kelas bimbingan pranikah sebelum melangkah lebih lanjut ke mahligai rumah tangga. Dinilai terlalu banyak mudharatnya dari pada manfaatnya.

"Maka tidak pantaslah kalau ada orang yang mendapat sertifikat karrna sudah layak kawin, ada juga yang tidak mendapatkan sertifikat karena tidak layak kawin, nikah, kawin atau cerai itu urusan Allah. Jodoh itu urusan Allah. Maka nanti kalau itu tetap dipaksakan tentu akan mudharatnya akan banyak, akan gaduh lagi republik ini," kata Yandri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Yandri juga melihat tidak adanya koordinasi antara Menteri Agama dengan Kementerian Kordinator bidang Pemberdayaan Manusia Kebudayaan atau Kemenko PMK mengenai rencana ini.

"Pertama gini, antar menterinya Pak Jokowi saja belum clear, belum satu suara, belum satu pada titik kesimpulan bahwa sertifikat itu perlu atau tidak, karena menteri agama yang memang langsung masalah teknis sampai ke KUA yang bersentuhan dengan orang yang calon menikah mengatakan oke kursus nasehat pranikah selama ini sudah ada di masing-masing KUA itu dilanjutkan dengan meningkatkan kualitasnya," ucapnya.

Program sertifikasi perkawinan atausertifikat nikahitu bakal dicanangkan Kementerian Kordinator bidang Pemberdayaan Manusia Kebudayaan atau Kemenko PMK. Menurut Menko Muhadjir Effendy, pembekalan pranikah adalah suatu hal yang penting.

Muhadjir menjelaskan, pembekalan ini tak hanya berkaitan dengan agama, namun juga multiaspek. Nantinya, Kemenko PMK bakal menggandeng Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan.

Namun, dalam beberapa hari terakhir, wacanasertifikat nikahjustru menimbulkan polemik atau pro-kontra. (ahm)

tag: #kementerian-agama  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

KPU Undang Presiden Umumkan Pemenang Pilpres 2024

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri langsung penetapan pemenang Pilpres 2024. Rencanannya, acara tersebut ...
Berita

Kondisi Anaknya Sungguh Tragis di Tangan Mantan Suaminya, Lisa Tak Kuasa Membendung Airmata

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ini adalah suatu kisah pilu yang dituturkan oleh seorang ibu kandung bernama Lisa yang memiliki seorang putri berinsial GI, dan GI adalah putri keduanya yang telah ...