Oleh Ahmad Syaikh pada hari Kamis, 05 Des 2019 - 13:54:43 WIB
Bagikan Berita ini :

Bertemu SocDem, MPR Bahas Berbagai Isu Aktual

tscom_news_photo_1575528883.jpg
Gedung DPR/MPR (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Wakil Ketua MPR RI Fraksi Partai Nasdem Lestari Moerdijat menerima delegasi Social Democracy Asia (SocDem) untuk membicarakan isu-isu strategis tingkat kawasan, seperti terorisme dan perubahan iklim.

"Jadi hari ini MPR menerima kunjungan delegasi dari parlemen-parlemen Asia dan kaukus parlemen Social Democracy Asia yang dideklarasikan di Jakarta," kata dia di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (5/12/2019).

Menurut Lestari, dalam forum tersebut menghasilkan beberapa keputusan untuk merespons isu-isu strategis yang dihadapi dunia salah satunya mengenai perubahan iklim atau climate change.

Lestari mengatakan, perubahan iklim berhubungan langsung dengan hajat hidup manusia sehingga para anggota kaukus para anggota parlemen harus mengambil peran dan aktif untuk mewarnai pengambilan keputusan di negaranya masing-masing.

"Di sini salah satu diskusi yang terjadi, para anggota kaukus para anggota parlemen harus mengambil peran dan aktif untuk mewarnai pengambilan keputusan di negaranya masing-masing," ujarnya.

Selain perubahan iklim menurut dia, isu lain yang dibahas dalam forum tersebut permasalahan radikalisme dan intoleransi.

Dia berharap melalui dialog di forum yang diprakarsai Partai Nasdem tersebut, bisa mempengaruhi kebijakan negara-masing.

"Kawan-kawan SocMed dan kaukus saya rasa bukan hanya memberikan perhatian khusus tapi masuk dalam agenda prioritas terkait isu-isu tersebut," jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Nasdem yang juga menjabat Steering Committee SocMed Asia, Martin Manurung mengungkapkan forum tersebut menghasilkan beberapa resolusi yang sangat strategis.

Masih menurut Manurung, resolusi tersebut adalah mendukung akses kesehatan yang berkualitas, pendidikan yang berkualitas, kesempatan yang layak untuk semua, mendukung penerapan pajak progresif sebagai bentuk keseimbangan.

"Selain itu SocDem mendukung pembangunan berkelanjutan, dan meningkatkan multilateralisme yang saling menguntungkan," ujarnya.

Untuk itu, dia berharap hubungan kaukus parlemen tersebut mengutamakan kerja sama dan kalau disetujui maka tahun depan bertemu lagi di Jakarta dengan lebih banyak lagi anggota parlemen dan partai politik yang datang. (ahm)

tag: #mpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Aksi Damai GPKR di Gedung Mahkamah Konstitusi untuk Menegakkan Kedaulatan Rakyat

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dengan semangat perjuangan tanpa titik kembali, hari ini Kamis 28 Maret 2024, Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat (GPKR) akan kembali menggelar aksi damai bertempat di ...
Berita

KPK Diminta Jelaskan Alasan Periksa Shanty Alda di Kasus Dugaan Korupsi Abdul Gani Kasuba

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mantan Penyidik KPK, Yudi Purnomo mengatakan Penyidik KPK harus transparan dalam menangani perkara dugaan korupsi yang menyeret Gubernur Maluku Utara nonaktif, Abdul Gani ...