Oleh Sahlan Ake pada hari Jumat, 13 Des 2019 - 21:28:05 WIB
Bagikan Berita ini :

Hasto: Haluan Negara Harus Bertolak dari Budaya Bangsa

tscom_news_photo_1576247285.jpeg
Hasto Kristiyanto (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Jelang rapat kerja nasional (Rakernas) I 2020, DPP PDI Perjuangan (PDIP) mengundang sejumlah budayawan dan akademisi untuk berdiskusi tentang kebudayaan dengan mengambil Candi Borobudur sebagai contoh kajian.

Tema diskusi itu adalah "Mengangkat dan Membumikan Filsafat, Spiritualitas dan Kebudayaan Asli Nusantara". Hasilnya, ada kesepahaman bahwa lebih strategis bagi Indonesia untuk mendasarkan pembangunan ke depan dengan selalu berakar pada kebudayaan sendiri.

Bertempat di Kantor Pusat PDIP di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (13/12/2019), Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto membuka diskusi. Menghadirkan Budayawan M.Sobari, Rm. Mudji Sutrisno, dan Arsitek, Peneliti Relief Candi Borobudur Salim Lee sebagai pembicara utama.

Hasto menyatakan topik diskusi itu diangkat karena PDIP merasa bertanggung jawab merumuskan Haluan Negara. Dan ajang rakernas nanti menjadi salah satu wahana puncaknya dengan mengundang perwakilan dari seluruh Indonesia.

"Dan kami meyakini, bahwa haluan negara tersebut harus bertitik tolak dari akar peradaban kita," ujar Hasto.

Dalam konteks itu, lanjut Hasto, maka haluan negara yang nantinya akan secara formal dibahas di MPR RI, bukanlah sekedar langkah politik. Namun juga sebagai sebuah jalan kebudayaan untuk memastikan masa depan Indonesia untuk 25 tahun, 50 tahun, dan 100 tahun ke depan.

"Maka hal-hal berkaitan dengan kesejahteraan rakyat, perekonomian, dan lain sebagainya, yang berakar kuat pada kekayaan kebudayaan bangsa, semua akan dibungkus dalam sebuah panduan bernama haluan negara," ucapnya.

"Ini memang bukan jalan mudah. Tapi paling tidak, bila bertumpu pada kebuidayaan kita, kita takkan kehilangan arah atas jalan bangsa kita ke depan. Boleh teknologi ada. Tapi teknologi apa yang mau dikembangkan? Bagi kami, haluan negara adalah wujud Indonesia berkepribadian di dalam kebudayaan itu," tutupnya. (ahm)

tag: #pdip  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Buka Puasa Bersama Komunitas Morgan Sports Club, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Tingkatkan Solidaritas Kebangsaan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Ketua Dewan Pembina komunitas otomotif mobil klasik asal Inggris Morgan Sports Car Club Indonesia (MSCCI) dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia ...
Berita

Aksi Damai GPKR di Gedung Mahkamah Konstitusi untuk Menegakkan Kedaulatan Rakyat

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dengan semangat perjuangan tanpa titik kembali, hari ini Kamis 28 Maret 2024, Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat (GPKR) akan kembali menggelar aksi damai bertempat di ...