Oleh pamudji pada hari Sabtu, 14 Des 2019 - 10:00:55 WIB
Bagikan Berita ini :

Lebur Anak dan Cucu,Pertamina Bikin Perusahaan Holding

tscom_news_photo_1576292455.jpg
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawatidan Komisaris Utama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--PT Pertamina (Persero) tengah menyiapkan perusahaan holding untuk melebur anak dan cucu usaha. Perusahaan energi plat merah ini menyadari jumlah 142 anak dan cucu usaha saat ini sudah terlalu banyak.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyatakan, sesuai arahan Menteri BUMN Erick Thohir, dirinya akan memetakan dan mengevaluasi seluruh anak dan cucu usaha. Tujuan pemetaan ini untuk mempermudah proses holding.

Kebetulan, kata Nicke, holding merupakan kebijakan yang dianjurkan oleh Kementerian BUMN. Kementerian bahkan juga sudah sempat membentuk holding pada perusahaan pelat merah yang berada dalam satu sektor, misalnya Pertamina dan PGN.

"Dari Kementerian BUMN sendiri sudah ada program untuk bidang usaha sejenis, kemudian dijadikan satu holding, itu kita akan ikut dalam hal tersebut," ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (13/12/2019).

Kendati begitu, Nicke belum bisa memberi proyeksi berapa banyak perusahaan holding yang akan dihasilkan. Sebab, tidak mungkin juga seluruh anak dan cucu usaha digabungkan dalam satu perusahaan.

Ia mengatakan perusahaan perlu lebih dulu memetakan dan mengevaluasi kinerja masing-masing anak dan cucu usaha. Targetnya, proses ini bisa selesai dalam kurun waktu satu bulan ke depan.

"Insya Allah tahun depan kami sudah ada gambaran bagaimana rencana restrukturisasi. Jadi kami lihat bagaimana pola restrukturisasi yang paling tepat dan paling menghasilkan nilai tambah bagi Pertamina," ungkapnya.(plt)

tag: #pt-pertamina  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement