Oleh Ahmad Syaikh pada hari Minggu, 22 Des 2019 - 08:54:24 WIB
Bagikan Berita ini :

Hadapi 2020, Pemprov DKI Diminta Perkuat Sektor UMKM

tscom_news_photo_1576979664.jpg
Pedagang Pasar Tanah Abang (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diminta untuk memperkuat sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk menghadapi kondisi ekonomi pada 2020.

Hal itu dilontarkan Ekonom Universitas Indonesia, Anton Hendranata, menurut dia tahun tekanan ekonomi Jakarta bakal lebih kencang dari sekarang.

"Kondisi ekonomi Jakarta tidak terlepas dari perkembangan ekonomi global. 2020 akan banyak tekanan. Kita harus hati-hati, perkuat UMKM, dan tetap optimis," kata dia di Jakarta Sabtu malam (21/12/2019).

Anton melihat ekonomi dunia saat ini penuh ketidakpastian sebagai akibat terjadinya perang dagang Amerika Serikat dengan China. Hal itu juga berimbas terhadap kondisi ekonomi di DKI Jakarta.

Akibat perang dagang ini China dan Jepang yang selama ini merupakan penyangga di kawasan Asia terpaksa mengoreksi target pertumbuhan ekonominya.

Bahkan China yang ekonominya biasa tumbuh dobel digit tahun 2020 menargetkan hanya satu digit saja.

Kalau kondisinya masih seperti sekarang ekonomi dunia diperkirakan akan kembali resesi paling cepat di tahun 2021.

Oleh karena itu, menurutnya masih ada waktu bagi pelaku dan pengambil kebijakan ekonomi di Indonesia melakukan persiapan.

Selain memperkuat sektor UMKM, lanjut dia, penting pula untuk mengakhiri berbisnis komoditas serta memperkuat industri olahan agar memberikan nilai tambah bagi perekonomian.

“Provinsi DKI Jakarta harus lebih memberikan keleluasaan berusaha untuk mendorong investasi, karena investasi dalam beberapa tahun terakhir ini cenderung mengalami penurunan,” ujarnya. (ahm)

tag: #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...