Oleh pamudji pada hari Selasa, 24 Des 2019 - 08:02:18 WIB
Bagikan Berita ini :

Dewas KPK Baru Bekerja Awal Januari 2020, Ini Penyebabnya

tscom_news_photo_1577149338.jpg
Anggota Dewan Pengawas KPK, Syamsuddin Haris (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Kendati telah dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 20 Desember lalu, Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) baru bisa bekerja pada awal Januari 2020.

Menurut anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris, hal tersebut lantaran sepekan ini merupakan masa cuti bersama libur natal dan tahun baru.

Selain itu, Peraturan Presiden mengenai Peraturan Presiden tentang Dewan Pengawas KPK pun belum terbit.

"Paling nggak sambil menunggu payung hukumnya tentang tata kerja organisasi dan segala macam yang itu mungkin dalam bentuk peraturan presiden. Itu belum ada," kata Syamsuddin di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (23/12/2019).

Syamsuddin mengutarakan hal tersebut usai meninjau ruangannya kelak di gedung lama KPK di Jalan Rasuna Said Nomor Kavling C1, Setia Budi, Jakarta Selatan. Kendati Dewas KPK baru aktif tahun depan, ia meyakinkan hal tersebut takkan berpengaruh pada kinerja penindakan KPK.

Seperti diketahui dalam UU KPK hasil revisi, sejumlah tahapan penindakan, salah satunya penyadapan, harus dilakukan atas seizin dewan pengawas KPK. Lagipula kata Syamsuddin, pekan-pekan ini pun masih memasuki masa libur.

"Kita mesti sabar lah, ini kan memang musimnya musim cuti, musimnya musim libur. Jadi saya menduga pimpinan KPK juga dalam kondisi demikian. Sama juga. Di instansi lain juga sama," tutur dia.

"Tentu dalam pekan ini tidak akan bisa efektif, musim libur dan cuti ini tak akan bisa efektif," ujar Syamsuddin.(plt)

tag: #kpk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Kenakan Kemeja Putih Prabowo-Gibran Tiba di KPU

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 24 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Paslon Capres-Cawapres 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tiba di Gedung KPU RI, Jakarta, Rabu (24/4/2024). Pasangan pemenang Pilpres 2024 itu, sampai di Gedung ...
Berita

KPU Undang Presiden Umumkan Pemenang Pilpres 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri langsung penetapan pemenang Pilpres 2024. Rencanannya, acara tersebut ...