Oleh Tommy P pada hari Kamis, 16 Jan 2020 - 08:00:45 WIB
Bagikan Berita ini :

BRI Bidik Fintech

tscom_news_photo_1579136445.jpg
(Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) melalui corporate venture capital (CVC) BRI Ventures akan menginvestasikan dananya pada limastart-up di sektor teknologi finansial (fintech) tahun ini.

Perseroan juga membuka peluang investasi pada salah satuunicornseperti Traveloka. CEO BRI Ventures Nicko Widjaja mengatakan, sejak berdiri pada pertengahan 2019, perseroan telah memiliki dua portofolio, salah satunya adalahfintechsistem pembayaran milik BUMN, Link Aja.

Pada 2020, perseroan mengincar lebih banyakfintechuntuk diberikan pendanaan. “Sebagai CVC, kami melakukan pendanaan seri B ke atas karena tidak boleh mengambil resiko pada perusahaan yang skalanya terlalu kecil.Fintechyang kita cari adalah yang bergerak dipayment,lendingdan remitansi,” jelas dia di Jakarta, Rabu (15/1).

Nicko belum dapat mengungkapkan berapa nilai investasi yang akan dikucurkan kepadastart-uptahun ini. Namun, nilai investasi tersebut merupakan bagian dari total investasi jangka menengah BRI Ventures yang sebelumnya diumumkan sebesar US$ 250 juta.

Menurut dia,venture capitalbiasanya memiliki periode investasi selama empat tahun. Kemudian dilanjukan periode panen (harvesting) pada empat tahun berikutnya. “Karena masih baru, jadi kita sekarang ini selalu eksplorstart-uppotensial,” ujarnya.

Salah satu perusahaan yang sedang dieksplor adalah Traveloka. Namun, karena status unicorn, tingkat kompeksitasnya berbeda dengan perusahaan di bawah level tersebut. Sementara itu, Nicko juga menyebut aplikasie-commerceuntuk para petani, yakni Tanihub punya peluang pertumbuhan yang baik.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement