Oleh Tommy P pada hari Kamis, 16 Jan 2020 - 10:16:25 WIB
Bagikan Berita ini :

Tiongkok Sepakat Beli US$ 200 Miliar Produk AS

tscom_news_photo_1579144585.jpg
(Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok sepakat menurunkan beberapa tarif dan meningkatkan pembelian Tiongkok atas produk-produk AS, serta meredakan perselisihan yang telah terjadi selama 18 bulan.

Dalam kesepakatan itu, Tiongkok berjanji membeli setidaknya US$ 200 miliar produk pertanian AS serta barang dan jasa lainnya selama dua tahun.

Kesepakatan perjanjian "Fase 1" itu bagi kedua negara dianggap sebagai langkah maju setelah berbulan-bulan melakukan pembicaraan. Meski investor menyambut lega, tetap ada skeptisisme bahwa hubungan perdagangan AS-Tiongkok sekarang sudah membaik.

Presiden AS Donald Trump memuji perjanjian itu sebagai kemenangan bagi ekonomi AS dan kebijakan perdagangan pemerintahannya. "Bersama-sama, kami memperbaiki kesalahan masa lalu dan memberikan masa depan keadilan ekonomi dan keamanan bagi pekerja, petani, dan keluarga Amerika," kata Rabu (15/1)..

Wakil Perdana Menteri China Liu He membaca surat dari Presiden Xi Jinping yang memuji kesepakatan itu sebagai tanda kedua negara dapat menyelesaikan perbedaan dengan dialog.

Liu mengatakan perusahaan Tiongkok akan membeli US$ 40 miliar produk pertanian AS setiap tahun selama dua tahun ke depan berdasarkan kondisi pasar.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement