Oleh Dheti pada hari Senin, 27 Jan 2020 - 19:14:58 WIB
Bagikan Berita ini :

Begini Cara Menteri ESDM Menurunkan Harga Gas Industri

tscom_news_photo_1580127298.jpg
Menteri ESDM (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi VII DPR RI menggelar rapat kerja (raker) bersama dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif beserta jajarannya. Pada hari ini Senin (27/1/2020) pukul 13.00 WIB.

Rapat yang beragendakan rencana strategis 5 tahun ke depan, implementasi Pepres No 40 Tahun 2016 tentang Penetapan Harga Gas Bumi, perkembangan implementasi kebijakan konservasi energi ini dibuka dan dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi VII DPR, Alex Noerdin.

"Kami berikan kesempatan Menteri ESDM untuk memberikan pemaparannya," kata Alex di ruang rapat Komisi VII DPR RI, Senin (27/1/2020).

Dalam rapat tersebut, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif sudah menyiapkan tiga opsi untuk menurunkan harga gas industri yang dinilai mahal.

Opsi-opsi ini disiapkan untuk merespon permintaan Presiden Joko Widodo yang menargetkan harga gas industri sudah bisa turun pada Maret 2020. Arifin mengatakan, opsi pertama yang akan dilakukan adalah mengurangi porsi negara serta melakukan efisiensi penyaluran gas.

"Hal ini dilakukan dengan pengurangan porsi pemerintah dari hasil kegiatan KKKS (Kontraktor Kontrak Kerja Sama) hulu migas," ujarnya.

Kemudian, Arifin juga akan mewajibkan KKKS untuk memenuhi kebijakan alokasi atau DMO gas.

Terkahir, pemerintah siap membuka opsi mempermudah impor gas bagi pelaku industri yang belum mendapatkan akses pipa gas nasional.

“Memberikan kemudahan bagi swasta untuk mengimpor gas untuk pengembangan kawasan-kawasan industri yang belum terhubung dengan jaringan gas nasional," ucap Arifin.

Rapat ini dihadiri Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Rida Mulyana, Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Bambang Gatot. (Al)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement